Asah Kemampuan Berbahasa, UKM Bahasa’s Got Talent 4.0 UIN RIL Sukses Digelar

img
Peserta kompetisi bergengsi bertajuk UKM Bahasa’s Got Talent 4.0 di kampus UIN RIL

MOMENTUM, Bandar Lampung--Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa UIN Raden Intan Lampung sukses menyelenggarakan kompetisi UKM Bahasa’s Got Talent 4.0 pada 15-16 Oktober 2024. Kegiatan tersebut merupakan ajang kompetisi bergengsi tingkat mahasiswa dan siswa SMA se-Provinsi Lampung dalam Speech, Scrabble, dan Khitobah.

Dengan tema “Developing the Creativity of Innovative and Creative Youth Through Got Talent Competition Towards”, kegiatan tersebut bertujuan melatih kreativitas sekaligus mengasah kemampuan berbahasa Inggris dan Arab para peserta.  

Acara dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK), Dr H Rosidi MA yang mewakili Wakil Rektor III. Dalam sambutannya, ia memberikan motivasi kepada para peserta agar terus berlatih dan mengembangkan diri.  

“Asah terus kemampuan, baik dalam lomba maupun tidak lomba. Ini adalah ajang untuk melatih kreativitas dan kemampuan. Kita masih perlu latihan, latihan, dan mengasah diri,” ujar Rosidi, menyemangati 50 peserta dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah se-Provinsi Lampung.  

Pembina UKM Bahasa yang diwakili oleh pengurus Pusat Pengembangan Bahasa (PUSBA) UIN Raden Intan, Intan Muflihah MPdI menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga tempat bertemunya teman baru.

“Perlombaan ini tidak hanya tentang menang dan kalah, tapi tentang sportivitas, bertemu dan bermain dengan teman-teman baru, agar kita bisa mengembangkan diri,” ungkapnya.  

Menurutnya juga, penguasaan bahasa itu penting dalam pergaulan global, baik bahasa Arab maupun bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa asing merupakan kunci untuk mengembangkan kehidupan dan juga UKM bahasa di UIN Raden Intan.

Kompetisi Speech dan Khitobah berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Fakultas Syariah. Sedangkan kompetisi Scrabble dilaksanakan di Gedung Aula PBA di hari yang sama, para peserta dengan antusias menampilkan penampilan terbaik mereka. Puncak acara sekaligus pengumuman hasil kompetisi dilaksanakan pada hari kedua.

Adapun hasil kompetisi Speech tingkat SMA diraih oleh SMA YP Unila sebagai Juara 1, sedangkan tingkat mahasiswa diraih oleh UIN Raden Intan sebagai Juara 1, 2 dan 3. 

Mahasiswa/i dari UIN Raden Intan Lampung juga berhasil meraih Juara 1, 2, dan 3 untuk kompetisi Khitobah. 

Sementara itu, kompetisi Scrabble tingkat Open dijuarai oleh Universitas Lampung (Unila) sebagai Juara 1, 2, dan 3. Sedangkan, kompetisi Scrabble tingkat Newbie diraih oleh Unila sebagai juara 1, SMA N 1 Semaka sebagai Juara 2, Sekolah Tunas Mekar Indonesia sebagai Juara 3.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos