Rektor Prof Wan: Akreditasi Unggul Langkah Universitas Rujukan Dunia

img
Asesor LAMEMBA Lakukan Visitasi Akreditasi Prodi Manajemen Bisnis Syariah FEBI UIN RIL

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Manajemen Bisnis Syariah (MBS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), saat ini menjalani Asesmen Lapangan (AL) yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (LAMEMBA). Kegiatan asesmen ini berlangsung mulai 20 hingga 23 Oktober 2024.

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran para asesor.

"Selamat datang di kampus kami yang Alhamdulillah, menjadi nomor 1 kampus terhijau dan berkelanjutan se-PTKIN, serta menduduki peringkat ke-71 dunia versi UI Green Metric. Kehadiran para asesor menunjukkan komitmen kita terhadap budaya mutu yang harus terus terjaga, bahkan ditingkatkan," ujar Rektor dalam pembukaan asesmen di Ruang Teater Lt.2 Gedung Academic & Research Center, Senin (21-10).

Lebih lanjut, Prof Wan mengungkapkan kebanggaannya terhadap kinerja tim FEBI yang terus berinovasi meskipun menghadapi berbagai keterbatasan, khususnya dalam hal anggaran. "Dengan keterbatasan yang ada, FEBI mampu menjalankan berbagai kegiatan akademik dengan capaian yang melampaui harapan. Saya sangat mendukung agar Prodi MBS ini bisa mendapatkan akreditasi unggul," tambahnya.

Asesmen lapangan oleh LAMEMBA ini, menurut Rektor, menjadi salah satu langkah penting dalam menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan di UIN Raden Intan Lampung. 

"Jika kita memang ingin tumbuh menjadi sebuah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) rujukan dunia, tidak bisa kalau tidak terakreditasi, kita harus memiliki akreditasi yang unggul. Tanpa itu, mustahil untuk mencapai level internasional," tegasnya.

Dekan FEBI, beserta tim, juga telah menunjukkan komitmen besar melalui akreditasi unggul yang sebelumnya diraih oleh Prodi Ekonomi Syariah dan Prodi Perbankan Syariah. 

"Saya sangat yakin, Prodi MBS ini juga akan menyusul dengan prestasi serupa," ujar Rektor penuh optimisme.

Dalam kegiatan ini, hadir dua asesor dari LAMEMBA, yakni Dr Titi Dewi Warninda SE MSi dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dr Ali Murtadho MAg dari UIN Walisongo Semarang.

Mereka bertugas untuk melakukan konfirmasi terhadap data yang telah diserahkan oleh pihak FEBI. "Kami akan mengonfirmasi data yang sudah diberikan oleh Bapak dan Ibu, serta akan mengumpulkan tambahan yang mungkin kemarin belum diberikan sehingga data yang kami miliki lebih lengkap. Karena harus kami sampaikan untuk mendapat penilaian lebih lanjut dari LAMEMBA," jelas Dr Titi dalam sambutannya.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan dari berbagai industri dan lembaga, seperti Dr Reza Ronaldo, MM APAI, CHIB, ANZIIF (Senior Association),CIP, CRGP (Asuransi Syariah Jasindo), Dr Mamay Komarudin SE, MM (PT. Philip Internasional Tbk.), Yogi Ahmad Fajar ( Dompet Dhuafa), Ali Mustofa, ME (Bank BTPN Syariah), Dr Ghozali Timbaz MSos (PT. Aplikator Teknik Indonesia).

Kehadiran mereka menunjukkan dukungan nyata terhadap pengembangan Prodi MBS dan penguatan kerjasama antara dunia akademik dan industri.

Hadir dalam pembukaan AL ini, Wakil Rektor III, Kepala Biro AUPKK, sejumlah Dekan di lingkungan UIN RIL, Ketua Lembaga, Kepala Pusat, dosen, tendik, dan para mahasiswa serta Tim Borang Prodi Manajemen Bisnis Syariah.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos