Muhamad Mardiono, Pengusaha yang Dipercaya Presiden Urus Ketahanan Pangan

img
Pelantikan Muhamad Mardiono sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Ketahanan Pangan di pemerintahan Prabowo-Gibran.

MOMENTUM, Bandarlampung--Muhamad Mardiono merupakan pengusaha sekaligus politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dilantik menjadi Utusan Khusus Presiden Bidang Ketahanan Pangan di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Pelantikan Mardiono dilakukan oleh Presiden Prabowo di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Selasa (22-10-2024).

Saat ini, dia menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP sejak 2022.

Dikutip dari laman wantimpres.go.id, berikut profil Muhamad Mardiono yang dipercaya menjabat sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Ketahanan Pangan di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Muhamad Mardiono yang lahir di Yogyakarta pada 11 Juli 1957, merupakan seorang politisi ulung sekaligus pengusaha dengan sejumlah perusahaan bergerak di berbagai sektor.

Ia menjabat sebagai CEO dan pemilik beberapa perusahaan, seperti PT Walle Jasa Pratama, PT Albantani Cipta Niaga, PT Bahari Caraka Sarana, PT Serang Asri Hotel, PT Cipta Niaga Internasional, serta PT Buana Centra Swakarsa (BCS).

Selain itu, Mardiono juga memiliki PT Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Muámalah yang beroperasi di wilayah Cilegon, Serang, dan Tangerang.

Dia juga pernah menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Provisi Banten (2012-2017) dan Ketua Dewan Pertimbangan KADIN Provinsi Banten (2007-2012) hingga Ketua KADIN Provinsi Banten (2002-2007).

Dalam dunia politik, Mardiono ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada 5 September 2022.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP PPP dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Provinsi Banten.

Pada tahun 2017, PPP sempat mengusulkan agar Mardiono mencalonkan diri sebagai gubernur Banten, namun ia menolak tawaran tersebut.

Selain itu, Mardiono pun pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada periode 2019-2022.

Mengawali pendidikan sekolah dasar (SD) di Yogyakarta, Mardiono lulus pada 1970. Lalu, lulus SMP di Magelang pada 1973 dan SMA tahun 1976.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos