Expo Kemandirian Pesantren, UIN RIL Tampilkan Ragam Produk Inovatif dari Ponpes dan UMKM

img
Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, bersama Kabid PAPKI Kanwil Kemenag Lampung, Drs H Karwito MM, meninjau stand pameran Expo Kemandirian Pesantren UIN Raden Intan Lampung.

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam peringatan Hari Santri Nasional 2024, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menggelar Expo Kemandirian Pesantren di Lamban UIN RIL, Komplek Pascasarjana, pada Jumat (25-10-2024).

Acara yang berlangsung selama dua hari ini memperkenalkan produk-produk unggulan dari berbagai pondok pesantren di Lampung serta UMKM mitra Pusat Pengembangan Bisnis UIN RIL. Expo ini dibuka secara simbolis oleh Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, bersama Kabid PAPKI Kanwil Kemenag Lampung, Drs H Karwito MM, dengan pemotongan pita sebagai tanda resmi pembukaan.

Beragam produk inovatif hasil inkubasi pesantren dipamerkan dalam stan-stan yang dihadirkan di Expo ini. Pesantren Al Hasbiyah Sunan Kalijogo dari Lampung Timur, misalnya, memperkenalkan produk furnitur seperti sofa, lemari pakaian, lemari hias, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Yayasan Al Hidayat Bangunrejo Lampung Tengah menghadirkan produk makanan seperti jahe instan, roti manis, dan brownies. Pesantren Nurul Muhajirin El-Dauly juga berpartisipasi dengan produk-produk ringan seperti keripik pisang, keripik ikan, dan opak mini.

Pesantren Al Mubarok dari Lampung Utara tampil mempromosikan beragam merchandise produk badge logo, sementara Pesantren Washilatul Huda dari Lampung Selatan menampilkan layanan sablon santri kreatif. Di bidang peternakan, Pesantren Miftahul Huda 606 dari Lampung Selatan mengembangkan pakan pelet mandiri. 

Selain itu, Pesantren Raudlatul Jannah Lampung Selatan menghadirkan berbagai jenis wewangian, sedangkan Pesantren Hidayatul Mubarok dari Lampung Tengah mempersembahkan produk sabun alami berbahan arang, madu, kunyit, dan rempah tradisional, serta beragam keripik ringan yang inovatif.

Pesantren Nurul Fattah dari Tulang Bawang menyuguhkan melon unggulan, termasuk varietas Inthanon, Sweet Net, Golden, dan Fujisawa. 

Di stan lain, Pesantren Al Hidayat Gedung Pesawaran menyajikan kopi khas Lampung, lengkap dengan aksesoris dan pakaian adat. Pesantren Darul Muta’alimin dari Sumber Agung Lampung Selatan memamerkan beras pilihan dan sarung, sementara Pesantren Nurul Anwar Lampung Tengah menawarkan produk peci dan sarung. 

Beberapa pesantren turut memperkenalkan produk minuman seperti air mineral dari Pesantren El-Syihab Bandar Lampung, serta Kopi Shalawat yang dibawa oleh Pesantren Miftahul Huda Lampung Barat.

Tak hanya dari pesantren, Expo ini juga diramaikan oleh Bank DKI Syariah, stan UMKM dan beberapa unit kerja internal UIN RIL. Seperti Pusat Pengembangan Bisnis UIN RIL, stan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UIN RIL oleh Humas juga turut disediakan turut serta duta raden intan. 

Kemudian Pusat Kewirausahaan dan Karier UIN RIL yang memberikan informasi pelatihan kewirausahaan, juga menjual olahan makanan dan handmade bunga karya mahasiswa. Klinik Pratama UIN RIL juga hadir memberikan layanan kesehatan dan informasi medis bagi para pengunjung.

Expo Kemandirian Pesantren UIN Raden Intan Lampung ini merupakan kolaborasi triparty antara UIN Raden Intan, Kanwil Kemenag Lampung, dan PWNU Lampung. Sebagai bagian dari perayaan Hari Santri Nasional, Expo ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang promosi produk-produk pesantren tetapi juga sarana penting dalam meningkatkan jejaring ekonomi komunitas santri di Lampung.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos