Pairin Kritik Pembuangan Sampah di Pasar Cendrawasih

img
Gerobak tempat pembuangan serta sampah menumpuk tak tertata di Pasar Cendrawalsih, sehingga menimbulkan bau tak sedap.Foto:Pie

Harianmomentum--Wali Kota Metro Achmad Pairin mengkritisi pengelolaan tempat pembuangan sampah (TPS) di Pasar Cendrawasih yang terdapat di jalan utama wilayah setempat.


"Penempatan TPS yang ada di pinggir jalan utama itu sangat mengganggu dari sisi estetika atau keindahan," kata Pairin, Kamis (4/1).


Menurut dia, kalaupun memang terpaksa tempat pembuangan sampah tersebut ditempatkan di pinggir jalan, jangan sampai sampah-sampah tersebut menimbulkan bau. 


"Itu juga yang menjadi pemikiran saya. Kemarin sudah saya panggil Dinas Perdagangan untuk mengkaji itu. Karena itu jelas mengganggu dan menuai keluhan dari para pedagang," ujarnya. 


Kemudian, ia melanjutkan, TPS diupayakan agar tidak sampai tergenang air, karena dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.


"Bau itu, tentu akan mengganggu masyarakat, baik yang ada di pasar maupun sekitarnya. Bahkan bagi pengunjung sangat tidak elok kita pertontontan tumpukan sampah yang bau itu," kata Wali Kota Metro itu.


Ia menyebutkan, pihaknya akan melakukan penataan pasar yang lebih baik, salah satu alasanya yakni adanya tempat pembuangan sampah. "Pasar yang baik yakni memiliki tempat parkir yang memadai, adanya fasilitas umum seperti wc, tempat ibadah dan juga adanya TPS yang layak," ujarnya. 


Kenapa diletakkan disitu, mungkin karena tidak ada tempat lain. "Kalau PKL mau pindah ke atas, tempat yang mereka gunakan itukan lapang. Jadi bisa digunakan untuk tempat parkir, bisa saya bangun tempat ibadah juga wc. Termasuk juga TPSnya," imbuh dia.(pie/awn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos