KPU Tanggamus Sosialisasi Pilkada di Lapas

img
KPU Kabupaten Tanggamus sosialisasi di lembaga pemasyarakatan. Foto: Enday.

Harianmomentum.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus menggelar sosialisasi pemilihan kepala daerah (pilkada) terhadap warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II b Kotaagung.


Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra mengatakan, sosialisasi ini untuk memberikan informasi tentang pilkada baik pilbup maupun pilgub yang akan dilaksanakan pada Juni 2018.


Dalam sosialisasi disampaikan tentang tahapan, jadwal dan pelaksanaan pilkada serta syarat pemilih.Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari sosialisasi bagi pemilih pemula, pelajar, perempuan dan tokoh adat beberapa waktu lalu.


"Semua berkaitan dengan tahapan pemilu jadwal pelaksanaan, calon kepala daerah baik itu calon gubernur dan wakil gubernur serta calon bupati dan wakil bupati. Mereka harus mengetahui bahwa pada 27 Juni mendatang ada pilkada,"kata Otto Yuri Saputra, Selasa (23/1).


Terkait dengan warga binaan yang mempunyai hak pilih akan tetapi terkendala tidak memiliki E-KTP, menurutnya, hal itu akan di koordinasikan dengan Kepala Lembaga Pemasyarakatan setempat. Sehingga warga binaan mempunyai kesempatan untuk memilih dengan menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) di lapas.


KPU masih akan melakukan sosialisasi pilkada antara lain dengan menggelar jalan sehat dan deklarasi damai. Harapannya, kesadaran pemilih meningkat. perbedaan,"ujarnya.


Sementara itu, Kasubbag TU Lapas Kotaagung, Syamsudin menilai kegiatan tersebut dapat membantu warga binaan yang belum memahami tentang pilkada.


"Warga binaan di Lapas kelas II b Kotaagung ini, tidak semuanya warga Tanggamus. Dengan sosialisasi ini mereka paham bahwa pada Juni mendatang akan dilaksanakan Pilkada,"ujarnya.


Jumlah warga binaan yang ikut dalam sosialisasi pilkada tersebut sekitar 60 orang, perwakilan dari tiap kamar. Diharapkan informasi tentang tahapan pilkada tersebut dapat disampaikan kepada warga binaan lainnya. (day).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos