Dukung Produktivitas Perusahaan, Disnaker Bandarlampung Upayakan Peningkatan Kualitas SDM

img
Ilustrasi. Peningkatan kualitas SDM./net

Harianmomentum.com--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bandarlampung terus berupaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk produktifitas perusahaan. 


Pelaksana tugas (Plt) Disnaker Pola Pardede melalui Sekertaris Lenny Widyawati mengatakan pihaknya mendorong setiap perusahaan untuk menyediakan lahan khsus yang dinamakan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK).


"Iya kita meminta, agar perusahaan dapat membantu peran kami untuk meningkatkan kualitas SDM dengan cara membangun sendiri LPK," ujarnya, Kamis (8/2).


Lenny menjelaskan, selain meningkatkan kualitas hal tersebut dinilai dapat membantu Pemkot Bandarlampung dalam mewujudkan peningkatan kualitas SDM. 


Selain itu, dengan adanya LPK di perusahaan dapat menopang Pemkot Bandarlampung dalam hal penyediaan fasilitas tersebut.


"Memang, sudah lama kami dan Pak Wali merencanakan pembangunan LPK, tapi belum dapat terpenuhi karena anggaran terbatas," kata dia. 


Selain keterbatasan anggaran, minimnya lahan untuk mendirikan LPK pun menjadi faktor pemicu gagalnya rencana membangun sarana peningkatan kualitas SDM itu. 


Dia juga menerangkan, saat ini terdapat tiga jenis LPK yakni LPK swasta, perusahaan dan pemerintah. 


Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi IV DPRD Bandarampung Imam Santoso menyambut baik upaya Disnaker untuk meningkatkan kualitas melalui LPK. 


"Kami (DPRD) mengapresiasi upaya Disnaker untuk meningkatkan kualitas SDM melalui LPK," kata dia. 


Akan tetepi, Ketua Fraksi Gerindra tersebut mengharapkan agar gagasan itu dapat direalisasikan secara maksimal.


Jika nantinya terdapat perusahaan mendirikan LPK, Disnaker dituntut untuk selalu memonitoring dan mengawasi jalanya pelatihan kerja. (aji)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos