Bupati Lamsel Evaluasi Pelaksanaan DD dan ADD

img
Rapat evaluasi penggunaan DD dan ADD Kabupaten Lampung Selatan.Foto: Boby

Harianmomentum--Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan mengumpulkan seluruh Kepala Desa (Kades) se-kabupaten setempat guna mengevaluasi pelaksanaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) 2016/2017.

 

"Berdasarkan laporan dari Apdesi, para Kades, termasuk Inspektorat, ada sejumlah Kades yang terjerat permasalahan akibat penggunaan dana desa dan alokasi dana desa yang tidak sesuai pemanfaatan," kata Bupati di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lampung Selatan, Kamis (13/04).

 

Menurut dia, kita ini bukan mencari-cari kesalahan, jadi apabila ada pemeriksaan buka saja yang seluas-luasnya tidak usah takut, sehingga apa permasalahnnya bisa kita selesaikan. 

 

"Inilah yang perlu kita rumuskan penyelesaiannya, insyaallah jangan takut-takut jika saudara tidak punya niat jahat,” kata Zainudin .

 

Ia juga meminta agar administrasi pemerintah desa ke depan bisa diperbaiki, sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbub) yang baru, sehingga penggunaan dana desa bisa tepat sasaran peruntukkannya.

 

“Pengelola DD dan ADD harus ikut dengan perbub yang baru tidak boleh asal-asal lagi, jadi jangan dianggap saya mempersulit dengan adanya perbup ini, justru saya memagari agar pengelolaan keuangan ini benar. Ada payung hukumnya, nanti bisa dilihat,” terang Zainudin.

 

Ia menambahkan, dalam penggunaan dana desa, tentunya akan dilakukan pengawalan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Inspektorat Kabupaten Lampung Selatan, termasuk pihak kepolisian maupun kejaksaan.

 

“Tidak ada Inspektorat menakut-nakuti saudara, ini yang perlu dipahami dan tolong sampaikan kepada Kepala Desa yang tidak hadir," ujarnya.

 

Zainudin juga berharap, jika ada permasalahan silahkan sampaikan baik-baik, lalu bagi kepada Kepala Desa yang beragama Islam, agar mengajak warganya melaksanakan shalat berjamaah di masjid-masjid desa.(bob/asn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos