Aplikasi E-KTP Hambat Pencetakan di Lamsel

img
iilustrasi KTP elektronik. Foto: Google

Harianmomentum--Sistem aplikasi yang digunakan pendataan pengguna Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) menghambat proses pencetakan program itu di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

 

"Permasalahan tentang e-KTP tidak lagi pada blankonya, karena sejak 12 April lalu sebanyak 10 ribu blanko sudah kita terima, sekarang aplikasi programnya yang bermasalah," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lamsel, Hasan Afriansyah, saat dikonfirmasi kontributor harianmomentum.com, Senin (17/3).

 

Menurut dia, terhambatnya proses pencetakan e-KTP terjadi lantaran sistem aplikasi yang digunakan di daerah dengan yang ada di pusat tidak sama.

 

"Aplikasi kami dengan pusat berbeda. Di pusat memakai versi 5 sedangkan kita di Lamsel menggunakan versi 4,” kata Hasan.

 

Terkait berbedaan versi aplikasi program, ia mengaku tidak faham dengan sistem aplikasi tersebut. Ia juga mengatakan, masih belum bisa memastikan kapan e-KTP dapat dicetak karena masih menunggu informasi.

 

“Belum ada info kapan e-KTP bisa dicetak. Kita belum bisa tentukan, bisa minggu ini atau bulan depan," jelasnya.

 

Sejak mendengar kabar blanko e-KTP sudah ada di Disdukcapil Lampung Selatan 12 April lalu, banyak masyarakat yang mulai mempertanyakan kapan KTP-el dapat dicetak dan diterima oleh masyarakat.

 

Ade (34), salah seorang warga Kalianda, menjelaskan sudah beberapa kali datang ke kantor Disdukcapil Lamsel untuk melakukan pengurusan cetak e-KTP, tetapi staf dinas terkait mengatakan blankonya belum ada.

 

"Saya merasa bingung saja, saat pertama datang dibilang belum ada blankonya, padahal diinfokan tanggal 12 sudah dibagikan blangkonya, lalu besoknya datang lagi dibilang belum bisa cetak," ujarnya.

 

Ade mengharapkan semoga Disdukcapil bisa segera melakukan percetakan e-KTP, karena banyak masyarakat yang sangat membutuhkan adanya kartu pengenal penduduk tersebut.(bob/asn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos