Dua Tahun Terbentuk, PD Pasar Tidak Punya Kerjaan

img
Kondisi salah satu pasar tradisional di Bandarlampung. Foto:ist

Harianmomentum.com--Miris. Mungkin itulah ungkapan yang cocok terhadap kondisi Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Bandarlampung saat ini.

 

Meski sudah dua tahun berdiri, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung itu, belum juga memiliki pekerjaan.


Hingga saat ini seluruh pengelolaan pasar di kota ini masih dikendalikan oleh Dinas Perdagangan (Disdag) setempat.

 

Padahal, jika mengacu Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 tahun 2016 tentang PD Pasar, seluruh pengelolaan pasar di kota ini diserahkan ke BUMD itu.

 

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi II DPRD Bandarlampung Poltak Aritonang meminta pemkot setempat melimpahkan kewenangan pengelolaan pasar ke PD Pasar, sesuai dengan regulasi yang berlaku.

 

"Mengacu Perda nomor 6 tahun 2016, pengelolaan pasar seharusnya dikelola oleh PD Pasar. Tapi hingga kini tidak ada satupun pasar yang dikelolanya,” ujar Poltak kepada harianmomentum.com, Kamis (5/4/18).

 

Poltak mengatakan, jika memang pemkot belum percaya menyerahkan pengelolaan pasar secara keseluruhan, paling tidak diberikan satu pasar saja sebagai contoh.

 

“Paling tidak, PD Pasar diberi kewenangan mengelola satu pasar dulu. Nanti, jika memang dinilai berhasil baru diserahkan semua,” kata Poltak.

 

Sehingga, anggaran yang sudah dihabiskan pemkot untuk membentuk PD Pasar tidak sia- sia terbuang. “Kalau tidak difungsikan, untuk apa dulu repot- repot bentuk PD Pasar?” tegas Poltak.  

 

Menurut politisi Partai Nasdem itu, setiap tahun pemkot menggelontorkan anggaran sebesar Rp500 juta untuk program pemberdayaan pedagang.

 

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Bandarlampung M.Yusuf Khohar mengatakan tidak bisa berbuat banyak mengenai hal itu.

 

Alasannya, minimnya anggaran menjadi penghalang tugas yang akan diberikan pemkot untuk PD Pasar.

 

"Kita bisa saja memberi tugas PD Pasar untuk mengelola pasar,  tapikan harus memberi anggaran yang tidak sedikit. Sementara saat ini kondisi keuangan pemkot sedang labil," kata dia.

 

Sementara, Direktur PD Pasar Bandarlampung Rifai belum berhasil dikonfirmasi wartawan. (aji)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos