Sambangi Jabung, Arinal Diminta Jamin Pangsa Pasar Komoditas Pertanian

img
Cagub Lampung nomor urut tiga, Arinal Djunaidi saat kampanye di Desa Adirejo, Jabung, Lampung Timur, Jumat (13/4)./ist

Harianmomentum.com--Warga Jabung meminta Arinal Djunaidi - Chusnunia (Nunik) agar memperhatikan pangsa pasar atau bagian permintaan konsumen dalam membantu dalam penjualan komoditas pertanian di wilayah setempat.

 

Warga Adirejo, Jabung, Uswatun Hasanah (28) meminta petani dapat sejahtera. "Harapannya petani lebih dimajukan, terutama soal pupuk. Pupuk itu paling sulit dicari, sering gak ada. Harapannya juga Pemerintah membantu masyarakat dalam menyalurkan penjualan sayuran ke daerah lain. Jadi ketika masyarakat panen tidak bingung harus menjual kemana. Sering tidak ada pemasok," ujarnya.

 

Menanggapi soal begal, Uswatun berharap pemerintah juga harus tegas dalam memberantas tindak kejahatan tersebut. "Diberantas begal supaya aman di Lampung," ujarnya.

 

Warga lainnya, Nasirun (38) meminta agar Lampung lebih maju, aman, dan masalah harga jual pertanian stabil. "Jangan turun jadi murah. Narkoba harus di berantas dibersihkan sebersih-bersihnya, terutama di Lampung Timur," ucapnya.

 

Calon Gubernur Lampung nomor tiga Arinal Djunaidi mengatakan akan mengedepankan ekonomi kerakyatan dan membangkitkan rakyat.

 

"Pada tanggal 16 Maret lalu di Raman Utara, saya sudah meresmikan Kartu Petani Berjaya. Di sini ada padi jagung singkong lada sawit dan karet. Lada itu hanya ada di Lampung dan Bangka Belitung. Lampung terkenal dengan tanaman ladanya, tetapi kenyataannya lada sudah mulai tidak ada di provinsi ini," ucapnya.

 

Di Lampung Utara, lanjut Arinal, petani lada sudah menanam singkong. "Saya sudah bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor, Insya Allah jika saya terpilih sebagai gubernur saya akan bekerja untuk Lampung, kemudian lada kembali akan bagus. Karena lada adalah tanaman tradisi rakyat Lampung," bebernya.

 

Lampung penghasil pangan tapi masih banyak yang miskin, sambungnya. "Itu aneh buat saya. Maka dari itu mari kita bangkit, sehingga Lampung terpandang di Indonesia, Lampung lebih berjaya," imbuhnya.

 

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung ini juga akan berusaha agar Lampung aman,  damai dan berbudaya.

 

"Saya akan bekerjasama dengan para aparat keamanan, para tokoh agama, dan tokoh adat. Bukan hanya mengutamakan pendidikan agama untuk pemuda, tapi kita juga akan bangun ekonomi kreatifnya. Kita bangun sarana olah raga agar para pemuda banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif," jelasnya. (rls/red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos