DD Tahap Pertama di Pringsewu Selesai Disalurkan

img
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi

Harianmomentum.com--Proses penyaluran Dana Desa (DD) tahap pertama, tahun 2018 untuk seluruh pekon (desa) di Kabupatena Pringsewu, selesai pada pekan pertama bulan Mei.

 

Jumlah DD tahap pertama yang disalurkan itu, mencapai Rp21 miliar dari total Rp105 miliar yang dialokasikan untuk Kabupaten Pringsewu, pada APNB tahun ini.

 

“Untuk alokasi dana pekon yang bersumber dari APBD Kabupaten Peringsewu juga sudah kita salurkan. Tahap pertama ini yang sudah disalurkan mencapai Rp32,9 miliar dari total Rp65,8 miliar,” kata Wakil Bupati Pringsewu Fauzi pada harianmomentum.com, Minggu (20/5).  

 

Menurut bupati, penggunaan dana desa diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur fisik. 

 

"Ada 126 pekon penerima dana desa di Pringsewu. Pengelolaan DD dan ADP difokuskan untuk pembangunan infrastruktur fisik. Presentasenya mencapai 70 persen dari total dana yang diterima,” terang wabup.

 

Dia melanjutkan, pembanguan fisik tersebut dilakukan melalui program Padat Karya Tunai.

 

“Pogram Padat Karya Tunai (PKT) adalah cara agar dana desa seratus persen berputar di pekon. Dengan begitu, konsumsi masyarakat pekon akan meningkat dan tercipta lapangan pekerjaan serta mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi,"  terangnya .

 

Dia menambahkan, poin paling penting dalam PKT adalah, seratus persen pekerja dana pekon harus merupakan warga pekon setempat. Sedangkan pembayaran upah bisa dilakukan per hari atau dibayar minimal per minggu.

 

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Pringsewu Malian Ayub mengatakan, tahun ini ada lima pekon yang akan mendapatkan bantuan dana pembangunan dari Pemprov Lampung, melalui program Gerbang Desa Saburai.

 

“Ada lima pekon yang akan mendapat dana Program Gerbang Desa Saburai tahun ini. Masing-masing akan mendapat

Rp100 juta,” ungkapnya.

 

Dia melanjutkan, lima pekon itu: Rantautijang, Selapan dan Kedaung, Kecamatan Pardasuka. Pekon Sukoharjo IV, Kecamatan Sukoharjo dan Pekon Waykunyir Kecamatan Pagelaran Utara. (lis)

 

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos