Mudik Lebaran, BPBD Tingkatkan Kewaspadaan

img
Kepala BPBD Provinsi Lampung Sena Adhi Witarta. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Menghadapi cuaca yang tidak menentu saat ini, terlebih bagi daerah rawan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung meningkatkan kewaspadaan.

 

Kepala BPBD Provinsi Lampung Sena Adhi Witarta mengungkapkan, pihaknya selalu siaga dalam menghadapi setiap kondisi baik saat terjadi bencana maupun tidak. Apa lagi menjelang mudik lebaran, pihaknya lebih meningkatkan lagi kewaspadaan terhadap bencana.

 

"Teman-teman (BPBD) di kabupaten/kota mereka sudah tahu apa yang perlu dipersiapkan saat terjadi bencana. Kalau memang bencananya cukup besar dan perlu kita membantu menangani ya kita turunkan personel, jadi kita selalu standby," ujar Sena saat ditemui di kantor Gubernur Lampung, Kamis (24/5).

 

Kewaspadaaan itu, kata dia, juga dilakukan dengan menguatkan koordinasi dengan BPBD di kabupaten/kota dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebagai sumber data cuaca.

 

Sena mengajak seluruh masyarakat Lampung terutama di daerah yang memiliki  potensi rawan bencana untuk terus waspada dengan curah hujan tinggi. 

 

"Insya Allah curah hujan kedepan tak begitu tinggi karena sudah mulai memasuki musim kemarau. Tapi kita tetap minta masyarakat waspada, apa lagi bagi saudara-saudara kita yang tinggal di dekat aliran sungai," imbaunya.

 

Sena menyadari, kondisi cuaca belakangan ini memang cukup sulit diprediksi karena setiap daerah bahkan sampai tingkat kecamatan memiliki cuaca yang berbeda-beda.

 

"Kalau sekarang tiap kecamatan saja berbeda-beda cuacanya, kita di kecamatan a hujan, tetapi ketika pindah ke kecamatan b ternyata panas, jadi gak bisa lagi kedeteksi secara umum," tandasnya. (ira)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos