PMI Lambar Susun Rencana Aksi Program Pertama

img
Kegiatan penyusunan rencana aksi program Pertama di Balai Pekon Ujung, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat

Harianmomentum.com--Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terus berupaya mewujudkan Pekon (Desa) Tangguh Bencana.  

 

Upaya tersebut dilakukan melalui pelaksanaan Program Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat (Pertama).

 

Sekretaris PMI Lambar Agus Darma Putra mengatakan, penyusunan program Pertama dilakukan olehTim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) bersama aparatur pekon dan seluruh kelompok masyarakat.

 

“Program Pertama ini adalah upaya kita mewujudkan Pekon Tangguh Bencana di Kabupaten Lampung Barat. Penyusunan dan pelaskanaan program ini dilakukan Tim Sibat bersama aparatur pekon," kata Agus di sela kegiatan penyusunan rencana aksi program Pertama di Pekon Ujung, Kecamatan Lumbokseminung, Kamis (24/5).

 

Dia menerangkan, sebelum penyusunan rencana aksi, terlebih dahulu dilakukan identifikasi prioritas permasalahan. Kemudian dilakukan perumusan dan merencanakan strategi melalui upaya-upaya struktural maupun non struktural yang dapat mencegah, memitigasi, mempersiapkan dan merespon risiko kejadian bencana.

“Penyusunan rencana aksi pengurangan risiko oleh masyarakat ini, perlu didukung  semua unsur perangkat pekon: peratin, LPM serta stakeholder lainnya,” terangnya pada harianmomentum.com.


Dia melanjutkan, ada tiga pekon di Kabupaten Lambar yang menjadi sasaran program Pertama: Pekon Sukamarga dan Tuguratu di Kecamatan Suoh serta Pekon Ujung di Kecamatan Lumbok Seminung.

 

“Dari ketiga pekon tersebut, kegiatan penyusunan rencana aksi di Pekon Tuguratu dan Sukamarga telah selesai,” ungkapnya. (lem)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos