HPI: Penguasaan Bahasa Pemandu Wisata Harus Ditingkatkan

img
Halalbihalal Himpunan Pramuwisata Indonesia Daerah Lampung. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Daerah Lampung meminta pemandu wisata di Bumi Ruwa Jurai dapat menguasai bahasa berbagai negara.

 

Hal tersebut dimaksudkan agar destinasi pariwisata dapat menginjakkan kaki di kandang internasional dan dapat mendampingi wisatawan mancanegara dengan baik.

 

Ketua Umum HPI Lampung Bakti Setiadi Negara mengatakan, sebagai organisasi tempat bernaungnya pemandu wisata di Lampung, HPI saat ini memiliki sekitar 150 anggota. Mereka menguasai berbagai macam bahasa, seperti Inggris, Arab, Spanyol, Perancis.

 

"Kami bekerja sama terus dengan pemerintah dan menggelar berbagai program pelatihan. Khususnya peningkatan sumberdaya manusia dari sisi kebahasaan," ujar Bakti saat sambutan dalam halalbihalal HPI di Bandarlampung, Senin, 9 Juli 2018.

 

Bakti mengatakan, di tengah besarnya potensi kepariwisataan di Lampung ini dibutuhkan kapasitas bahasa yang mumpuni bagi pramuwisata agar dapat mendampingi wisatawannya dengan baik.

 

HPI sebagai wadah organisasi pemandu wisata akan selalu memprogramkan aspek bahasa tersebut dengan bekerja sama dengan pemda dalam menyusun program pelatihan dan kemandirian pariwisata.

 

"Kompetensi bahasa pemandu wisata di Lampung harus terus berkembang. Bahasa itu sangat penting agar kebutuhan wisatawan berbagai belahan dunia dapat terpenuhi," katanya.

 

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Budiharto mengatakan, Provinsi Lampung memiliki begitu banyak objek wisata di kabupaten/kota, baik wisata alam, sejarah, olahraga dan budaya.

 

"Semuanya merupakan aset berharga di Provinsi Lampung yang harus dijaga dan harus dikembangkan, juga sebagai sumber pendapatan Provinsi Lampung dalam meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik," tutur Budiharto.

 

Dia mengungkapkan, objek wisata di Lampung belum diolah secara maksimal. Masih begitu banyak destinasi atau daerah potensial yang dapat dijadikan objek wisata bertaraf internasional. Untuk itu diperlukan dukungan sarana dan prasarana yang memadai sehingga provinsi Lampung menjadi tempat wisata yang lebih baik. (ira).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos