Tangkap Dua Polisi, Propam Serius Berantas Pungli di Instansi Polri

img
Petugas kepolisian melakukan razia di jalan raya./ist

Harianmomentum.com--Petugas Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Lampung serius untuk memberantas praktik pungutan liar (pungli) di instansi Polri.

Hal tersebut terungkap kembali adanya penindakan terhadap para oknum polisi yang melakukan pungutan liar (pungli) di wilayah hukum Polres Mesuji.

Setelah menangkap lima oknum polisi di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lampung Tengah yang melakukan pungli, Bid Propam Polda Lampung juga mengamankan dua oknum anggota Polres Mesuji.

Kabid Propam polda setempat, Kombes Pol Hendra Supriyatna mengatakan, dua oknum polisi di Satlantas Polres Mesuji itu telah ditangkap tiga pekan lalu.

"Saat ini keduanya masih di Mapolda Lampung untuk menjalani proses pembinaan khusus (binsus)," kata Hendra kepada harianmomentum.com, Sabtu (15/9).

Menurut Hendra, kedua oknum polisi nakal itu sudah sempat ditegur oleh Kasat Lantas Polres Mesuji, namun mereka masih saja melakukan pungli.

Untuk itu, kedua oknum polisi nakal itu akan dimutasi ke Polda Lampung. 

"Sepertinya lebih baik mereka berada disini (mapolda), sehingga lebih mudah untuk kita pantau aktivitasnya," jelasnya.

Sebelumnya, beredar video youtube berjudul  “Pungli Polisi di Simpang Brabasan Mesuji Lampung”.

Video berdurasi 1,5 menit yang di upload di akun bernama "Sacy Dyeaz" pada 26 agustus 2018 itu berisi konten pungli yang diduga dilakukan oknum satlantas Polres Mesuji.

Saat ini, Jumat (14/9) pukul 20.45 WIB, sudah hampir 700 yang menonton video itu.

Dalam video tersebut, tergambar dua oknum Satlantas Polres Mesuji yang mengenakan masker meminta uang dari sopir-sopir mobil truk. 

Video itu tampaknya diambil oleh salah satu penumpang atau kenek didalam mobil truk yang saat itu juga turut menjadi korban pungli. 

Pada akun video itu juga tertulis "tolong bagi pihak berwajib hal ini segera ditindak, karena sangat meresahkan kami para sopir".(acw)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos