Pandasari Selatan Luncurkan Pasar Sawitan

img
Pasar Sawitan di Pekon Pandansari Selatan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu

Harianmomentum.com--Satu lagi lokasi wisata kuliner jajanan muncul di Kabupaten Pringsewu. Namanya Pasar Sawitan.

Sesuai namanya, pasar yang menjajakan beragam jenis kuliner tradisional itu berlokasi di bawah rindang perkebunan kelapa sawit milik kepala Pekon/Desa Pandansari Selatan, Kecamatan Sukoharjo.

"Hari ini kita meresmikan peluncuran Pasar Sawitan. Pasar ini berada ditengah kebun kelapa sawit . Luas areal yang digunakan untuk para pedagang mencapai 50 kali 50 meter. Pasar ini buka setiap hari Minggu mulai pukul6.00 WIB," kata Kepala Pekon Pandasari Selatan Ngadiran pada harianmomentum.com, Minggu (04/11/2018).   

Dia menerangkan, ide pembentukan Pasar Sawitan itu tercetus, melihat kesukseskan Pasar Pring di Kecamatan Adiluih dan Pasar Nggruduk di Pekon Ambarawa Timur.

"Kita lihat kesuksesan Pasar Nggruduk dan Pasar Pring. Nah, kita punya lokasi yang potensial untuk membentuk pasar seperti itu, makanya kita bentuk Pasar Sawiatan ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, sekaligus mengembangkan potensi wisata,' terangnya.

Ketua pelaksana Pasar Sawitan Surip Waluyo menambahkan, rencana untuk tahap awal, pasar tersebut dibuka sebulan sekali pada minggu pertama.

"Nanti kita lihat, kalau memang perkembanganya baik bisa kita buka seminggu sekali," kata Surip.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPAPPKB) Kabupaten Pringsewu Nazri berharap Pasar Sawitan  dapat berkembang sebagai sarana peningkatan perekonomian masyarakat.

"Bukan hanya untuk meningkatkan perekonomian dan wisata. Pasar ini juga berfungsi sebagai sarana interaksi warga mempererat rasa kekeluargaan," terangnya. (lis)




Leave a Comment