Kota Metro Memiliki Oemah TBC

img
Komunitas Peduli TBC di Metro. Foto. Pie.

Harianmomentum.com--Kota Metro menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Lampung yang memiliki Oemah TBC (komunitas empati masyarakat ramah Tuberculosis) yang terletak di Kelurahan Ganjarasri, Kecamatan Metro Barat. 

Pada Kamis (11-4-2019), Oemah TBC diresmikan Wali Kota Metro Achmad Pairin, bersamaan dengan peringatan Hari Tuberkulosis se-Ddunia. 

Walikota Metro mengatakan, komunitas Tuberkulosis ini yang pertama di Provinsi Lampung. "Terimakasih kepada komunitas dan pihak-pihak yang ada di dalam komunitas ini. Saya akan mendukung semua kegiatan yang dilakukan komunitas Tuberkulosis ini," ujarnya.

Dengan adanya komunitas ini, Pemerintah Kota Metro bertekad meningkatkan penjaringan TBC sedini mungkin. Serta mengatasi dan menurunkan angka kesakitan akibat TBC. 

"Dinas kesehatan akan kami dorong agar mendukung penuh komunitas ini. Sehat itu adalah kesehatan yang komplit dari jasmani dan rohani," tambahnya.

Di tempat yang sama, Ketua Komunitas Peduli TBC, Wisnu Wardhana menjelaskan awal mula berdirinya Oemah TBC itu. 

"Berangkat dari keprihatinan akibat penyakit TBC ini. Sebagaian rasa terima kasih disampaikan kepada tenaga kesehatan Puskesmas Ganjaragung yang dengan tulus mengabdi pada masyarakat tanpa mengenal waktu," ungkapnya. 

Donatur dari swadaya masyarakat sekitar dan pihak-pihak dari kelurahan maupun puskesmas setempat, Oemah TBC ini berdiri.

"Saya berharap adanya Oemah TBC ini, bakteri micobakterium Tuberkulosis bisa ditangani dengan cepat. Penyakit TBC bisa disembuhkan dan dicegah, masyarakat yang ingin berobat silakan saja datang ke Oemah TBC ini," pungkasnya.

Selanjutnya acara tersebut dilanjutkan dengan Talk Show dengan tema Indonesia bebas TBC dimulai dari Saya. Dengan narasumber dr Andreas  Sp P dan dimoderatori oler dr Andrew  Wongkar Sp PD.

Oemah TBC membuka pelayanan bagi semua masyarakat Kota Metro dengan jadwal Selasa dan Kamis serta call center Joss TBC yang siap dihubungi 1x24 jam Senin sampai Sabtu.

Penyakit Tuberkulosis merupakan penyakit menular terbesar kedua di dunia. Oemah TBC dan Joss TBC merupakan kegiatan andalan dari program Gerakan Eliminasi Masalah (GEMA) TBC yang sedang giatkan bersama dengan komunitas peduli TBC didukung oleh Puskesmas Ganjaragung dan masyarakat.(pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos