Polresta Bandarlampung Gagalkan Penyelundupan Daging Celeng

img
Kapolresta Kombes Murbani Budi Pitono memeriksa daging celeng yang akan diselundupkan ke Tanggerang.Foto:Agung-H Momen.

Harianmomentum--Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandarlampung menggagalkan upaya penyelundupan dua ton daging celeng melalui Pelabuhan Panjang.

 

"Tim Satuan Petugas (Satgas) Pangan Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan (KSKP) Panjang kembali berhasil menghentikan peredaran daging ilegal guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat," ujar Kapolresta Kombes Murbani Budi Pitono, saat ekspose di Mapolresta setempat, Rabu (21/6).

 

Menurut dia, daging celeng tersebut diamankan saat Tim Satgas Pangan sedang melakukan pemeriksaan pada sebuah mobil truk dengan bernomor Polisi BD 8853 AQ di Pelabuhan Panjang Bandarlampung pada Selasa  kemarin, sekitar pukul 23.00 WIB.

 

"Petugas yang curiga karena bak mobil tersebut dingin dan mengembun, langsung menanyakan kepada sopir yang berinisial WR, ia mengaku membawa daging celeng," ujarnya. 

 

Dia melanjutkan, setelah mendengar pengakuan WR, petugas langsung membongkar muatan tersebut dan ditemukan sekitar dua ton daging celeng yang dimasukkan ke dalam karung.

 

"Saat dibongkar petugas menemukan dua ton daging celeng yang dimasukkan ke dalam karung dan diberi pecahan es," ungkapnya. 

 

Dia menjelaskan, daging celeng tersebut berasal dari Bengkulu Selatan dan rencananya akan dibawa ke Tanggerang.

 

“Pengakuannya, dia mendapatkan upah sebesar Rp7 juta untuk membawa daging celeng dari Manak Bengkulu Selatan menuju Tanggerang,” ujarnya.

 

Dia menduga daging tersebut akan dioplos dengan daging sapi kemudian dijual dipasar pasar. 

 

"Kita menduga daging tersebut akan diedarkan, karena kebutuhan daging pada saat lebaran sangatlah tinggi," ungkapnya.

 

Selain itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam memilih dan membeli daging.

 

Selanjutnya, Tim Satgas Pangan KSKP akan melakukan koordinasi dengan Balai Karantina Pelabuhan Panjang untuk proses lebih lanjut.(ag/awn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos