Di Metro, 15 Bus Tak Layk Beroperasi

img
Illustrasi. Foto: Google.

Harianmoentum--Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro menyatakan 15 bus tidak laik beroperasi sebagai angkutan arus mudik dan lebaran. Hal tersebut terungkap dari hasil uji laik jalan kendaraan umum angkutan penumpang lebaran yang dilakukan Dishub setempat, 29 Me sampai 17 Juni 2017 di  Terminal Mulyojati dan UPT PKB Kota Metro.

Kepala Bidang (Kabid) Angkuta Dishub  Metro Candra Laksana mengatakan bus-bus yang tidak laik jalan itu, tidak diperoblehkan beroperasi sebagai angkutan penumpang arus mudik dan balik lebaran. 

"Kan ada list pemeriksaanya, kalau list itu tidak terpenuhi kita tidak ada keluarkan laik jalannya. Kalau bus yang laik jalan kita tempel stiker, karena kita tidak mau menanggung resiko. Kalau yang tidak laik jalan, kita sarankan untuk diperbaiki," kata Candra mendampingi Kepala Dishub Metro M. Syafei, Rabu (21/6). 

Menurut dia, jika  bus yang tidak laik jalan segera diperbaiki sebelum lebaran dan melapor ke dishub, akan dilakukan pengecekan ulang. "Setelah dicek ulang hasilnya laik jalan, kita perbolehkan untuk beroperasi,” katanya.

Dia menerangkan, jenis kerusakan pada bus yang dinyatakan tidak laik jalan itu bervariasi. Mulai dari kaca pecah, rem tangan tidak berfungsi, sistem kelistrikan  dan kondisi ban yang gundul. 

“Pengujian laik jalan untuk kendaraan angkutan penumpang, kita lakukan setiap enam bulan sekali,“ ungkapnya. (sya/pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos