PAN Lampung Godok Balonkada Dua Kabupaten

img
Ketua Bappilu PAN Lampung, Suprapto
Bandar Lampung

Harianmomentum-Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Lampung terus menggodok persiapan menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2018 di dua kabupaten, Tanggamus dan Lampung Utara.


Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PAN Lampung. Suprapto mengatakan pihak saat ini masih menggodok sejumlah nama yang akan diusung dalam pilkada di dua kabupaten tersebut

.

"Soal siapa bakal calon yang kita usung dalam pilkada dua kabupaten tahun depan, prosesnya sudah berjalan. Sabtu kemarin, kita rapat terkait persiapan banyak hal. Termasuk soal Pilgub Lampung," kata Suprapto, Senin (6/3).

Dia menerangkan, mekanisme pencalonan kepala daerah di PAN memberikan kebebasan bagi kader di tingkat bawah untuk mengusulkan nama-nama calon yang diinginkan masyarakat.

"Makanya kita melakukan pemilu internal di PAN. Jadi dari internal itu diberikan kebebasan mengusulkan. Dari PAC ke DPC, kemudian ke DPD kabupaten. Nanti nama-nama yang diusulkan itu dilaporkan ke DPW PAN Lampung," terangnya.

Belajar dari kemenangan yang diraih PAN dalam pilkada di lima kabupaten tahun ini, partai berlambang matahari itu lebih mengutamakan mengusung kader internal untuk berpasangan dengan bakal calon dari partai koalisi.

"PAN tidak bisa mengusung calon sendiri, harus koalisi. Kita belajar dari hasil pilkada serentak tahun ini," katanya. 

Suprapto juga membeberkan sejumlah nama kader internal PAN yang berpeluang diusung sebagai balonkada  dalam pilkada dua kabupaten tahun depan.


Untuk Kabupaten Tanggamus, diantaranya ada nama Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Lampung, Joko Santoso. Kemudian, Ketua DPD PAN Kabupaten Tanggamus, Tedi Kurniawan dan Mantan Bupati Tanggamus, Fauzan Syai.

Sedangkan dari eksternal partai, ada  nama Dewi Handajani istri Bupati Tanggamus nonaktif, Bambang Kurniawan.

Untuk Pilkada Kabupaten Lampung Utara, dari internal partai, ada Mirza Faishol pengurus DPW PAN Lampung.

 
Terkait nama Agung Cakra Negara yang merupakan putra Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri dan saat ini gencar melalukan sosialisasi pencalonan, Suprapto hanya menjawab diplomatis.


Menurut dia, sosialisasi yang dilakukan kandidat balonkada itu, sah-sah saja dan setiap nama yang muncul kepermukaan akan menjadi bahan pertimbangan partai untuk mengusung calon dalam pilkada.

 

"Anaknya wagub juga harus tetap sepaket berpasangan dengan bakal calon dari partai koalisi. Saya yakin, anak wagub  tidak ujuk-ujuk saja. Pasti ada rangking. Kalau misalnya dia rangkingnya lebih tinggi harus didukung. Begitu juga misalkan ada kader lain yang rankingnya lebih tinggi juga harus dukung,” jelasnya. (man)



Leave a Comment