Bandarlampung Buka Penerimaan Siswa Biling

img
Penerima siswa baru sistem bina lingkungan (Biling) di SMP Negeri 25 Bandarlampung. Foto: Agung-H Momen

Harianmomentum--Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Bandarlampung mulai

membuka penerimaan siswa bina lingkungan (Biling) tahun ajaran 2017/2018.

 

"Pendaftaran dibuka tiga hari, mulai Senin (3/7) ini kita buka, sehingga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan peluang tersebut," kata Durza, Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri 9 Bandarlampung, Senin (3/7).

 

Menurut dia, untuk mendaftar melalui sistem biling, para orangtua atau wali murid harus melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot)

 

Bandarlampung, yakni surat keterangan tidak mampu dari kelurahan tempat tinggalnya, Kartu Keluarga (KK) dan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU).

 

"Iya hari ini kita sudah buka pendaftaran melalui sistem biling, namun kita akan melakukan seleksi berkas terlebih dahulu, jadi wali murid harus mencukupi persyaratan terlebih dahulu sebelum mendaftarkan anaknya,” ungkap Durza.

 

Dia melanjutkan, untuk kuota penerimaan di SMPN 9 hanya sekitar 30 persen dari total keseluruhan yang diterima.

Namun, lanjut dia, sampai siang ini jumlah peserta yang mendaftar sudah mencapai 111 orang.

 

"Kita hanya menerima 30 persen dari total siswa yang diterima, namun kita tetap menerima berapapun yang mendaftar, karena nanti kalau kelebihan kuota akan kita serahkan ke Dinas Pendidikan Kota Bandarlampmung,” tambahnya.

 

Ditempat lainnya, Panitia PPBD SMPN 1 Bandarlampung Joko Indarjo, setelah menerima pendaftaran, panitia PPBD akan langsung turun ke rumah rumah siswa untuk meninjau apakah benar mereka adalah keluarga yang kurang mampu.

 

“Rencananya selesai pendaftaran, kita akan survey ke rumah-rumah, agar tidak ada yang mengaku-ngaku bahwa mereka keluarga kurang mampu,” jelasnya.

 

Dia menjelaskan, sistem biling merupakan program Pemkot Bandarlampung untuk membantu siswa kurang mampu dalam mendapatkan pendidikan yang lebih layak.

 

“Jadi siswa-siswa yang diterima melalui sistem biling hanya dilihat dari persyaratannya saja, makanya kita akan survey langsung kelapangan,” tegasnya.

 

Menurut pan uan di tiga sekolah yang ada di Bandarlampung yakni, di SMP Negeri 25, SMP Negeri 9 dan SMP Negeri 1, para pendaftar sudah ramai sejak pagi.

 

Pendaftaran melalui sistem biling akan berlangsung selama tiga hari, yakni hanya sampai hari Rabu 5 Juli 2017. (ag/awn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos