KPK Periksa Pengelolaan APBD Pemkot Metro

img
Ketua Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan KPK Wilayah III Dian Patria

Harianmomentum.com--Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Koraupgah) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wilayah III melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kota Metro, Rabu (3-7-2019). 

sayangnya, pemeriksaan tersebut belum bisa dilakukan secara maksimal karena kendala teknis. 

"Kegiatan monitoring, hanya saja ada beberapa kendala teknis dokumen yang tidak bisa diunduh karena jaringan buruk," kata Ketua Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Koraupgah) KPK Wilayah III Dian Patria pada harianmomentum.com.

Selain pengelolaan APBD, KPK juga melakukan monitoring pada perencanaan penyelenggara perizinan APIP, ASN, OPD, aset dan kegiatan lainnya  .

"Ini bagian dari upaya monitoring center, indikator kinerja pencegahan korupsi se Indonesia," terangnya. 

Dia menekankan Pemkot Metro, untuk komitmen dalam setiap kegiatan yang menggunakan uang negara. Selain itu, komitmen dengan perkataan dan perbuatan. Termasuk memperbaiki segala sistem yang dinilai masih belum maksimal dalam perencanaan dan penerapannya. 

"Sistem harus diperbaiki. Perkataan harus sesuai dengan tindakan nyata. Tidak mengambil yang bukan haknya," tegasnya. 

Tim KPK memberikan batas waktu enam bulan kepada Pemkot Metro, terkait perbaikan sistem pelaporan penyelenggaraan keuangan daerah. 

"Ini belum final. Nanti diakhir tahun, baru akan diumumkan nilai finalnya," jelasnya.

 Sekda Kota Metro Nasir AT, mengakui jika sistem pelaporan pada pengelolaan keuangan daerah bermasalah karena gangguan signal internet.

"Semoga ini lekas teratasi. Sebenarnya untuk laporan keuangannya, sudah kami lakukan semua. Tapi ada kendala didokumentasinya," katanya.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda, menyambut baik monitoring yang dilakukan tim KPK tersebut.

"Ini menjadi catatan penting untuk masukan kita semua. Semoga pengelolaan dan penerapan keuangan daerah Kota Metro kedepannya lebih baik lagi. Yang harus dicatat, LHKPN DPRD sudah rampung semua. Mudah-mudahan kita bisa sesuai target," kata Anna. (pie)



Leave a Comment