Ngetrail Bareng Komunitas Trail Pesagi Liwa

img
Anggota Komunitas Trail Pesagi Liwa, Kabupaten Lampung Barat

MOMENTUM,Liwa--Kesan macho seketika tergambar, jika melihat para anggota komunitas motor trail beraksi bertualang menjelajah alam (adventure). 

Saat ini jenis olahraga otomotif itu,  tidak hanya jadi milik para lelaki dewasa saja. Kaum wanita dan remaja pun sudah banyak yang masuk dalam komunitas motor trail adventure.     

Ingin merasakan sensasi menghadapi tantangan, sekaligus menikmati keindahan alam menjadi alasan kaum wanita dan para remaja masuk menggeluti dunia olahraga motor trail adventure.    

Di Provinsi Lampung ada banyak komunitas motor trail adventure. Salah satunya di Kabupaten Lampung Barat. Wartawan Harianmomentum.com berkesempatan mencoba olahraga ekstrim tersebut bersama Komunitas Trail Pesagi Liwa (TRIPEL).  Kali ini,  teman teman anggota TRIPEL mengajak wartawan Harianmomentum.com melakukan  menjelajah alam  dengan rute jalur Pekon (Desa) Sedampah, Kecamatan Balikbukit  menuju Pekon Lumbok, Kecamatan Lumbokseminung.

Ketua TRIPEL Yudi Saputra mengatakan, aktivitas ngetrail atau menjelajah alam di kenal dengan istilah trail adventure atau bermain motor cross trabas. 

"Biasanya adventure itu selalu berkelompok. Bagi kami, ngetrail tidak sekedar  olahraga dan memacu adrenalin tetapi juga sarana memupuk kebersamaan dan kekompakan," kata Yudi, Senin (12-8-2019).

Siapa pun boleh bergabung menjadi anggota TRIPEL."Ttidak ada batasan usia. Terpenting, sehat, berjiwa petualang dan hobi trail adventure," tegasnya.

Menurut dia, kegiatan adventure lebih mengedepankan kebersamaan tim. Untuk bisa melalui jalur alam yang penuh rintangan, diperlukan kerja sama seluruh anggota tim. 

"Kalau tidak kompak, kita akan kesulitan bahkan mungkin gagal menakuan medan alam yang ekstrim, seprtijalurlumpur dan tanjakan," terangnya.

Di Lampung Barat , menurut Yudi ada  banyak komunitas motor trail adventure dengan karakter dan keunikan masing-masing.

"Tantangan medan alam di Lampung Barat juga sangat lengkap dengan berbagai tingkatan kesulitan. Kalau mau  ngetrail di alam terbuka, tentunya harus menguasai teknik-teknik dasar mengendarai motor trail. Juga didukung kondisi sepeda motor yang prima," jelasnya.

Ada banyak jenis dan spesifikasi sepeda motor trail, antara lain: KLX 150 dan 250 cc, Honda CRF 150 cc dan ada juga yang menggunakan KTM 300 cc. (asn)



Leave a Comment