Hafal 30 Juz Al Quran, Bocah 8 Tahun Wakili Tanggamus di Tingkat Nasional

img
Nazwa Tsaqeefa Ramani hafidz cilik asal Kabupaten Tanggamus

MOMENTUM, Sumberrejo--Nazwa Tsaqeefa Ramani bocah usia 8 tahun asal Pekon/Desa Dadapan, Kecamatan Sumberrejo terpilih mewakili Tanggamus dalam Lomba Hafidz (menghapal Al Quran) tingkat nasional tahun 2019.

Lomba tersebut akan berlangsung di Semarang, Provinsi Jawa Tengah, dalam waktu dekat. 

Saat diuji oleh Wakil Bupati Tanggamus AM Syafii, putri pasangan suami istri Ramelan dan Siti Rokayah itu, mampu dengan lancar melantukan ayat-ayat suci Al-Quran di luar kepala (tanpa membaca). 

 "Apa yang ditujukan Nazwa ini, harus menjadi motivasi bagi kita umat Islam, khususnya para orang tua agar terus memberikan bimbingan kepada putra-putrinya dalam memahami ajaran agama," kata wabup pada acara penyerahan hadiah lomba kaligrafi dan hafidz tingkat Kabupaten Tanggamus, di Aula Islamic Center Kotaagung, baru-baru ini.

Pada lomba tingkat kabupaten itu, Nazwa berhasil meraih juara pertama dan terpilih mewakili Kabupaten Tanggamus di tingkat nasional.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus A Dasmi mengatakan, Nazwa mampu menghapal 30 juz Al-Quran. 

Menurut Dasmi, orang tua Nazwa (Ramelan) sehari-hari hanya bekerja sebagai penjulan makanan ringan (cilok) keliling.  

Nazwa mulai belajar menghapal ayat-ayat Al Quran sejak usia 5 tahun. Seiring berjalanya waktu, kemampuan Nazwa menghapal Al Quran semakin meningkat berkat bimbingan guru mengaji di lingkungan tempat tinggalnya dan para guru agama Islam di SD Muhammadiya Gisting, tempatnya menempuh pendidikan formal. (glh/jal)




Leave a Comment