Besok, Koni Lampung Gelar Tes Fisik

img
ilustrasi. Tes fisik atlet Lampung menjelang Porwil Sumatera.

MOMENTUM, Bandarlampung--Rabu 11 September 2019, Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Lampung melalui bidang pembinaan prestasi (Binpres) menggelar tes fisik bagi atlet yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera di Bengkulu 3--9 November mendatang.

"Pelaksanaan tes fisik atlet mulai dilaksanakan 11--15 September sesuai dengan keputusan rapat yang digelar secara marathon beberapa hari ini," kata Dr Frans Nurseto, Wakil Ketua Bidang Binpres Koni Lampung, Selasa (10-9).

Dia menegaskan bahwa ini penting untuk dilakukan demi peningkatan prestasi dan kebersamaan.

“Ini kan program yang amat penting nilainya, karena kita akan tahu kekurangan dan kelebihan atlet di setiap cabang olahraga, sehingga bisa memberikan masukan untuk pelatih dan pengurusnya,” katanya usai koordinasi dengan para petugas tes fisik, di kantor Koni Provinsi Lampung.

Selain itu, tes fisik juga dilakukan untuk atlet pra PON maupun PON, sebagai dasar untuk evaluasi fisik, kesehatan dan mental atlet secara khusus. 

“Porwil hanya dua bulan lagi. Maka yang bisa dilakukan untuk para atlet adalah peningkatan kondisi kesehatan, fisik dan mentalnya," ujar dia.

Babe--panggilan akrab Frans Nurseto--menambahkan, kegiatan sebagai bahan masukan untuk pembuatan program yang efektif selama dua bulan ke depan.

Tes fisik, masih kata Babe, merupakan bahan penilaian apakah atlet sudah bisa layak tanding dari segi kemampuan fisik, kesehatan dan mentalnya pada dua bulan mendatang atau ada hal yang harus dibenahi.

“Akibatnya harus ada putusan yang konkrit tentang kondisi atlet. Jika memang kondisinya baik ya kita bilang baik, namun jika di bawah standar yang sudah ditetapkan untuk Porwil, maka kemungkinan akan dilakukan putusan yang pahit, yakni degradasi,” ungkap Frans.

Jadwal test fisik sudah tentukan pada Rabu hingga Minggu, 11-15 September 2019, mulai pukul 08.30 wib sampai selesai dan dipusatkan di Kantor Koni Lampung komplek PKOR Wayhalim Bandarlampung.

“Bagi cabang olahraga diharapkan sudah hadir dan seluruh atlet yang terdaftar berangkat ke Porwil tanpa kecuali harus dihadirkan. Khusus untuk para atlet yang sedang berlatih di luar Lampung, kami berikan kesempatan hingga dua minggu ke depan," ujarnya.

Untuk yang tidak mengikuti tes fisik, Frans menegaskan, dengan alasan yang tidak masuk akal, maka akan ditinggalkan serta cabang olahraganya tidak dikirim ke Porwil.(red)

Ini jadwal test fisik cabang olahraga Porwil, Pra PON dan PON:

1.  Rabu, 11  September 2019: Atletik, Sofboll, Bisboll dan Catur.

2. Kamis, 12 September 2019: Bulutangkis, Kempo, Muaythai, Panjat Tebing dan Woodball.

3. Jumat, 13 September 2019: Tinju, Renang, Wushu, Menembak, Senam.

4. Sabtu, 14 September 2019:  Bolavoli dan Biliar.

5. Minggu, 15 September 2019: Sepakbola dan cabor yang tidak hadir sesuai jadwal.



Leave a Comment