Firmansyah Bakal Berikan Uang Puluhan Juta, Simak Programnya

img
Bakal Calon Walikota Bandarlampung Firmansyah Alfian bersama pengurus Relawan Firman For One (F1) dan masyarakat Langkapura//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Bakal Calon Walikota Bandarlampung Firmansyah Alfian telah menggagas program peningkatan kesejahtaraan rakyat (kesra) melalui bidang usaha.

Firman —sapaan Firmansyah— akan memberikan tambahan modal kepada ribuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kota setempat. Jumlahnya cukup fantastis, Rp20-Rp30 juta, per UMKM.

Bantuan itu akan dikucurkan setiap tahunnya. Namun program itu baru bisa terlaksana jika kelak dia mendapat amanah untuk memimpin kota tapis berseri, alias terpilih sebagai walikota di Pilwakot 2020 mendatang.

"Saya rasa modal ebesar Rp20 juta sampai Rp30 juta cukup untuk mengembangkan usaha para pelaku UMKM yang jumlahnya ribuan di kota ini," kata Firmansyah kepada harianmomentum.com, Selasa (17-12-2019).

Namun sebelum itu, Firman akan terlebih dahulu melaksanakan pelatihan UMKM agar program berjalan sukses. “Mulai dari pelatihan peningkatan produksi, pengemasan, hingga strategi pemasaran,” sebutnya.

Dengan penambahan modal dan pelatihan tersebut, Firman berharap para pelaku UMKM bisa mengembangkan usaha dan meningkatkan perekonomiannya.

Selain itu, Firmansyah juga menginginkan dalam waktu dekat agar terbentuk sebuah perusahaan rintisan (startup) di setiap kelurahan untuk menciptakan poros perekonomian baru masyarakat.

Firman juga ingin mengangkat serta memberdayakan pengusaha muda sebagai pendongkrak UMKM.

"Jadi sifatnya bantuan penambahan modal itu nantinya bukan hanya untuk UMKM industri, tapi juga untuk komunitas UMKM. Kita ingin kaum milenial juga bisa merasakan manfaat dari program tersebut untuk meningkatkan usaha mereka," tegasnya.

Sbelumnya, program itu juga telah disampaikan Firman saat bersilaturahmi dengan pengurus Relawan Firman For One (F1) dan masyarakat Langkapura di kediaman Pembina Relawan F1 Ariyadi Citra, Jalan Imam Bonjol, nomor 474, Bandarlampung, Selasa (17-12).

Program Firman tersebut mendapat apresiasi dari Penggagas F1, Novia Yulistin Sanggem. Menurutnya salah satu kriteria sosok pemimpin yang dibutuhkan masyarakat Bandarlampung saat ini ialah yang peduli dengan perekonomian masyarakat bawah.

"Secara pribadi saya sangat mendukung program penambahan modal untuk pelaku usaha UMKM yang disampaikan Pak Firman,” kata wanita yang juga Ketua Gamolan Institute Lampung itu.

Dia berharap, jika nanti Firman diamanahkan masyarakat untuk memimpin Bandarlampung, program tersebut langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh para industri dan komunitas UMKM.(acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos