Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Disbudpar Bandarlampung Siapkan Tiga Program

img
Kawasan Tugu Adipura Bandarlampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandarlampung mencanangkan tiga program, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. 

Tiga program itu: festival seni budaya, peningkatan kapasitas pelaku wisata, serta pengembangan infrastruktur.

"Program promosi wisata tahun ini, kami awali dengan festival seni budaya lokal. Even ini akan kita gelar di kawasan Tugu Adipura yang menjadi jantung Kota Bandarlampung," kata Sekretaris Disbudpar Bandarlampung Dirmansyah pada Harianmomentum.com, Kamis (9-1-2020).

Menurut dia, selain sebagai strategi menjaring kunjungan wisatawan, festival tersebut bagian dari upaya pelestarian budaya yang menjadi warisan kearifan lokal.

Untuk program peningkatan kapasitas pelaku usaha wisata, akan dilakukan dalam bentuk pelatihan keterampilan.

Baca juga: Disbupar Bandarlampung Alokasikan Rp35 Miliar

Pelatihan ini kita tujukan kepada para pelaku usaha wisata, seperti: usaha mikro kecil menengah (UMKM), pengelola hotel, pengusaha kuliner, pengusaha travel hingga kelompok masyarakat sadar wisata," terangnya.

Sedangkan untuk pengembangan infrastruktur akan dilakukan bersama dengan dinas Pekerjaan Umum.

"Program pengembangan infrastruktur ini  ditujukan pada obyek-obyek wisata, seperti pemasangan petunjuk arah lokasi wisata dan sebagainya," jelasnya.

Dia berharap, pelaksanaan program tersebut dapat berjalan lancar dan berdampak positif terhadap pengembangan potensi wisata Kota Bandarlampung. (rft)



Leave a Comment