Harga Ikan Laut di Gudanglelang Naik

img
Suasana di TPI Gudanglelang Telukbetung Selatan Bandarlampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Harga ikan laut mengalami kenaikan, akibat cuaca buruk yang terjadi sejak awal Januari 2020.

Berdasarkan pantauan harianmomentum.com d TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Gudanglelang Telukbetung Selatan Bandarlampung, Jumat (10-1), hampir seluruh jenis ikan laut naik. Kecuali ikan Tuna tetap Rp35 ribu per kilogramnya.

Rata-rata kenaikan ikan laut antara Rp5 ribu hingga Rp15 ribul. Antara lain: ikan Tongkol dari Rp15 ribu naik menjadi Rp25 ribu perkilogramnya. Lalu, Baronang dari Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu. Selanjutnya, Simba dari Rp35 ribu naik menjadi Rp50 ribu per kilogramnya.

Salah satu pedagang di Gudanglelang, Maryati menjelaskan kenaikan itu disebabkan cuaca buruk yang terjadi beberapa hari terakhir.

"Sehingga, nelayan jarang melaut karena cuaca buruk. Pasokan (ikan) berkurang, jadi rata-rata pada naik," ujar Maryati kepada harianmomentum.com. 

Bahkan, dia menyebut pada Kamis (9-1) tidak ada aktifitas sama sekali di TPI Gudanglelang. "Sepi pasar, karena nelayan tidak ada yang berani melaut, ombaknya tinggi," ucapnya.

Senada, Wati menjelaskan kenaikan harga ikan itu terjadi sejak awal Januari. "Dari tahun baru harga-harga ikan di Gudanglelang sudah pada naik semua," ucapnya. (vaw)



Leave a Comment