Lestarikan Badak, Gubernur Inisiasi Suaka Rhino Sumatera di TNBBS

img
Gubernur Arinal Djunaidi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi meningisiasi Suaka Rhino Sumatera di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Sehingga populasi badak sumatera di Lampung tidak akan punah.

Menurut gubernur, upaya pelestarian badak itu telah dilakukan di Taman Nasional Waykambas (TNWK) Lampung Timur.

"Ada kesepakatan bahwa kita akan bangun suaka badak yang digagas pemerintah, TNWC dan Rhino Sumatera," kata gubernur di ruang kerjanya, Senin (20-1-2020).

Gubernur menyebut dengan adanya suaka, badak Sumatera akan terjaga kelestariannya dan terhindar dari kepunahan.

Ditargetkan, Suaka Rhino Sumatera bisa diselesaikan dalam lima hingga enam bulan mendatang. "Saya juga berencana mengundang Pak Presiden untuk meresmikannya. Paling lama lima bulan ini bisa diresmikan," jelasnya.

Sementara Plt Kepala Balai TNBBS John Kenedie mengatakan saat ini ada empat ekor badak Sumatera di taman nasional tersebut.

Meski demikian, dia tidak mengetahui posisi empat ekor tersebut. "Tahun 2002 dulu ada 25 ekor. Sekarang hanya empat ekor, tapi tidak tahu posisinya di mana. Jenis kelaminnya juga belum tahu," jelas John.

Karena itu, Balai TNBBS akan melakukan survei keberadaan badak. Selanjutnya baru dikaji dan disusun pembangunan Suaka Rhino Sumatera.

"Nanti kita survei ke lapangan baru kita kaji dulu. Setelah itu kita akan laporkan ke pak gubernr hasilnya," terangnya. (adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos