Elly Wahyuni: Perhatian Orang Tua Membentengi Anak dari Narkoba

img
Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Elly Wahyuni saat sosialisasi perda di Desa Wayharong, Kecamatan Waylima, Kabupaten Pesawaran. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Orang tua berperan penting dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar. 

Sebab, anak-anak yang kurang perhatian dari orang tua rentan terjerumus penyalahgunaan narkoba.

Hal itu disampaikan Elly Wahyuni, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung saat sosialisasi peraturan daerah (Perda) nomor 1 tahun 2019 tentang fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

Kegiatan yang dihadiri seratusan warga itu bertempat di Desa Wayharong, Kecamatan Waylima, Kabupaten Pesawaran, Rabu (29-1-2019)

“Jangan membiarkan anak-anaknya pulang terlambat dari sekolah, apalagi sampai pulang malam,” seru politisi asal Partai Gerindra itu.

Ketua Perempuan Indonesia Raya (Pira) itu pun mengimbau para orang tua untuk jeli memperhatikan tingkah laku dan gerak gerik anaknya.

“Kalau melihat wajah mereka sudah sayu, jangan sungkan-sungkan untuk membawa mereka ke BNN, agar di periksa,” imbaunya. 

Menurut Elly, hal itu sebagai bentuk upaya orang tua dalam mengantisipasi penyalahgunaan narkoba. “Dengan begini, mudah-mudahan anak-anak kita terhindar dari narkoba,” harapnya.

Selain peran orang tua, menurut Elly, peran ulama, tokoh adat maupun tokoh masyarakat juga sangat penting. “Mereka ini bisa memberikan pencerahan, nasehat sekaligus mengisi ruhani masyarakat agar terhindar dari narkotika,” jelasnya.

Tak cukup di situ, kata Elly, pencegahan secara dini juga harus melibatkan banyak pihak lainnya: guru, TNI, Polri, hingga pemangku kebijaksanaan.

“Jikalau pencegahan narkoba tidak kita lakukan bersama-sama sejak dini, maka masa depan generasi muda kita akan hancur,” tegasnya.(rls/acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos