Polres Tanggamus Canangkan KTL

img
Petugas dan warga bergotong royong mengecat trotoar dan marka jalan di Kampung Tertib Lalu Lintas (KTL) Pekon Wayjaya Kecamatan Pugung.

MOMENTUM, Kotaagung--Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Tanggamus mencanangkan Kampung Tertib Lalu Lintas (KTL).

Inovasi yang digagas Satuan Lalu Lintas Polres Tanggamus itu ditandai dengan gotong royong mengecat marka jalan dan lainnya di Pekon/Desa Wayjaha Kecamatan Pugung, Senin (3-2-2020).

Memimpin pelaksanaan gotong royong, Kasat Lantas AKP Yuniarta mengatakan pembuatan KTL dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih tertib di jalan raya.

Untuk pertama kalinya, kata dia, dipilih RT 06 RW 02 Pekon Wayjaha Kecamatan Pugung sebagai percontohan di wilayah hukum Polres Tanggamus.

"Keberadaan KTL ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam tertib berlalu lintas di jalan raya dengan baik dan aman," kata AKP Yuniarta.

Menurut dia, KTL ini nantinya secara khusus didesain menyerupai jalan raya yang dilengkapi marka jalan dan rambu lalu lintas. Di tembok-tembok rumah warga juga dihiasi berbagai mural tentang tertib lalu lintas dan rambu lalu lintas.

"Tujuan adanya KTL adalah menjadikan masyarakat sebagai pelopor dalam menjaga keselamatan berlalulintas. Tertib berlalulintas itu dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan atau kampungnya," terang dia.

"Kelak, akan direncanakan juga di sejumlah tempat lain. Sehingga melalui itu, masyarakat dapat lebih cepat sadar pentingnya ketertiban," pungkasnya. 

Sebelum dibuat KTL, Polres Tanggamus telah merencanakan dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait termasuk masyarakat Pekon Wayjaha yang siap menjadi percontohan kampung lalu lintas.(glh/jal)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos