40 Peserta Dinyatakan Lulus UKW XV

img
Penutupan UKW XV di Hotel Wisata Nugraha Kotabumi, Selasa (25/7). Foto: Yansen

Harianmomentum--Uji Kompetensi Wartawan (UKW) XV yang dilaksanakan di Lampung Utara (Lampura) berhasil meluluskan 40 dari 53 orang peserta.

Menurut Ketua Tim Penguji UKW, Junaidi Lutfi, 13 peserta UKW yang dinyatakan belum berkompeten yang masing-masing terdiri dari 2 dari 7 peserta tingkat utama, 2 dari 4 peserta tingkat madya dan 9 dari 42 peserta tingkat muda.

"Untuk tingkat nasional, PWI telah meloloskan 7561 Wartawan yang berkompeten. Bagi yang belum bersabarlah karena masih banyak kesempatan di waktu yang akan datang," tuturnya pada penutupan UKW XV di Hotel Wisata Nugraha Kotabumi, Selasa (25/7).

Pada kesempatan itu, perwakilan peserta, Wirahadikusuma menyampaikan terimakasih kepada tim penguji yang telah banyak memberikan pengetahuan tambahan yang selama ini belum didapat dalam melakukan kegiatan jurnalistik.

"Tentunya dengan mendapat predikat kompetens pada tingkatannya masing-masing, kami akan lebih berhati-hati lagi dalam menjalankan profesi kami. Karena sertifikasi wartawan tidak bersifat mutlak, bisa dicabut seketika bila kita melakukan pelanggaran kode etik jurnalistik," ucap Pemred SKH Radar Lampung yang menjadi salah satu peserta UKW tingkat utama ini.

Sekretaris PWI Lampung, Adi Kurniawan menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pemkab setempat yang telah mendukung terselenggaranya UKW XV.  Dia juga meminta agar peserta yang belum dinyatakan berkompeten untuk bersabar dan terus belajar.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkab Lampura, Sunny Lumy yang menutup acara itu mengatakan, wartawan adalah profesi yang sangat strategis dalam mendukung program-program pembangunan pemerintah.

"Wartawan adalah corong  informasi publik. Selamat bagi yang lulus dan mari kita bersinergi dalam membangun daerah. Yang belum lulus bersabarlah  masih banyak peluang kedepannya. Ingat yang lulus secara otomatis? akan menambah beban kinerjanya, karena eksistensi dan nama baik profesi wartawan dan perusahaannya ada ditangan anda,” ujarnya.

Ketua Bidang Daerah PWI Pusat, Atal. S Depari, menyatakan hasil UKW XV di Lampura cukup baik. Dia juga mengingatkan agar segala peserta baik yang dinyatakan berkompeten atau pun tidak harus senantiasa meningkatkan kinerjanya. "Bagi yang lulus performanya harus berbeda dan lebih baik lagi dari sebelumnya," pungkas Atal. (ysn)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos