Ajak Mahasiswa Peduli Kebersihan, Mapala Umitra Gelar Baksos

img
Penyerahan kotak sampah secara simbolis dari Mapala Umitra kepada pihak kampus setempat. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Mitra Indonesia (Mapala Umitra) menggelar bakti sosial (baksos). Kegiatan bertajuk “mewujudkan kampus yang sehat, bersih serta harmonis dalam keberagaman" itu bertempat di Kampus Umitra, Bandarlampung, Sabtu (15-2-2020).

Ketua Pelaksana kegiatan, Fadilah Idris mengatakan, baksos bertujuan untuk mengajak para mahasiswa di kampus setempat peduli terhadap kebersihan lingkungan serta menjadikan Umitra kampus yang sehat dan bersih.

“Dalam kegiatan ini kami memberikan sumbangsih berupa kotak sampah dan keset kepada pihak kampus serta pemasangan slogan ajakan menjaga kebersihan di beberapa titik kampus,” kata Fadilah.

Slogan tersebut bertuliskan: Umitra Sehat, Umitra Bersih. “Dengan terpasangnya slogan ini, kami berharap mahasiswa sadar akan kebersihan lingkungan,” ujarnya. 

Dia menuturkan, kegiatan baksos dimulai pukul 08.00 WIB. Acara dimulai dengan upacara pembukaan yang dihadiri para pengurus dan anggota muda Mapala Umitra, pembina dan beberapa organisasi mahasiswa lainnya.

“Selesai upacara kami langsung menyumbungkan kotak sampah dan slogan secara simbolis kepada pihak kampus. Selesai pemberian kotak sampah secara simbolis, kami meletakkan kotak sampah dan papan slogan di titik-titik yang telah ditentukan,” tuturnya.


Dalam baksos, anggota Mapala Umitra bersama beberapa organisasi mahasiswa (ormawa) lainnya juga melakukan pembersihan sampah-sampah yang ada di lingkungan kampus setempat: di lapangan, parkiran depan, parkiran belakang, juga kantin dan masjid.

Usai bersih-bersih, anggota Mapala Mitra dan para ormawa yang ikut berpartisipasi melakukan kegiatan selanjutnya: pemberian keset bergambar logo Mapala Umitra yang diletakkan di depan mushola kampus setempat.

“Di sana juga kami sempat berfoto bersama dengan para pengurus mushola dan penempelkan batas suci di teras depan masjid,” tuturnya.

Acara pun ditutup dengan makan bersama. Namun sebelum bubar, sempat ada saresehan, membahas tentang anggaran dana kemahasiswaan (DK) dengan seluruh ormawa yang dipimpin Ketua Mapala Umitra Andika Darmawan.

“Harapan kami pihak kampus mendukung semua program-program kemahasiswaan. Khususnya yang berkenaan dengan lingkungan dan sosial,” harap Andika.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos