Dinkes Lampura Sosialisasi KTR

img
Sosialisasi KTR yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara di Aula Tapis kantor pemkab setempat. Foto: dok. H-momen

Harianmomentum-- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menggelar sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 24 tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Kegiatan berlangsung di Aula Tapis kantor pemerintah kabupaten (pemkab) setempat, Rabu (15/3).

Selain mensosialisasikan Perbub tersebut, agenda yang digagas Seksi Penyakit Tidak Menular Dinkes Lampura itu juga memaparkan sejumlah penyakit berbahaya yang dipicu dari kebiasan merokok: hipertensi, stroke, jantung dan kanker paru-paru.

"Saat ini trend peningkatan penyakit mematikan, akibat merokok semakin tinggi," kata Kepala Dinkes Lampura Maya Mestisa pada kontributor harianmomentum.com, usai memberikan sambutan pembukaan kegiatan tersebut.

Dia menerangkan, saat ini selain kontor dinkes, lokasi KTR di Lampura baru ditetapkan pada puskesmas dan lingkungan sekolah. Kedepan, dia berharap sarana pelayanan publik lain-nya  pun dapat ditetapkan sebagai KTR.  

"Dinkes hanya sebagai pelaksana. Agar perbup ini efektif, diperlukan kerjasama dan dukungan instansi terkiat, khususnya Satuan Polisi Pamong Praja," harapnya.

Maya juga menerangkan, saat ini dinkes telah melaksanakan pembagian serbuk  abate kepada masyarakat melalui puskesmas. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Untuk mengantisipasi DBD di musim hujan saat ini, kita juga melakukan fogging (pengasapan) di 16 sekolah dan mengimbau masyarakat agar rutin melakukan kegiatan 3M (menguras, menutup dan menimbun tempat penampungan air),” ungkapnya.   

Dia melanjutkan, pada periode tiga bulan pertama tahun 2017 terjadi penurunan  jumlah kasus penularan penyakit DBD, dibanding periode yang sama tahun 2016.

"Untuk jumlah pastinya saya tidak tahu. Tapi yang jelas kasus DBD pada awal tahun ini relatif kecil. Semua itu, tak lepas dari meningkatnya kesedaran masyarakat menerapakan pola hidup bersih dan sehat," jelansya. (Red)

 






Editor: Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos