ACT Lampung Luncurkan Program OMG

img
Penerima layanan program Operasi Makan Gratis dari ACT Lampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Komunitas sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung meluncurkan program Operasi Makan Gratis (OMG).

Program tersebut merupakan respon terhadap dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi covid-19. Selain memangkas penghasilan para pekerja informal, pandemi covid-19 juga membuat sejumlah masyarakat merasa tertekan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sedangkan penghasilan terus menurun.

Kepala Program ACT Lampung Regina Locita Pratiwi mengatakan, untuk teknis pelaksanaan OMG, pihaknya menggandeng 

Pihak ACT melibatkan pelaku usaha kecil (Warung Nasi Iban) di Jalan Yos Sudarso  Kecamatan Panjang, Bandarlampung. "Kita gandeng Warung Nasi Iban untuk menyiapkan menu nasi bungkus selama sepuluh hari. Setiap hari 50 porsi atau bungkus,"kata Regina pada Harianmomentum.com, Kamis (16-4-2020).

Menu nasi bungkus yang disiapkan juga beragam, antara lain: ayam semur, telur sambal, ikan tongkol sambal, cumi asin, sayur kacang panjang dan air mineral. 

Teknis pembagian nasi bungkus itu menggunakan sistem kupon. 

"Untuk mendapatkan pembagian nasi bungkus itu, relawan kita lebih dulu membagikan kupon  kepada calon penerima. Kupon itu yang nantinya akan ditukar dengan nasi bungkus," terangnya.

ACT menargetkan program tersebut menyasar 500 orang penerima manfaat selama sepuluh hari. Saat ini baru satu rumah makan yang tergabung sebagai penyedia makanan, kedepan Regina berharap banyak rumah makan yang turut terlibat.

Mardi (60) pengayuh becak yang menerima manfaat program menyampaikan terima kasih kepa ACT. 

“Alhamdulillah makanan ini saya bawa pulang untuk makan bareng keluarga di rumah. Uang yang saya dapat bisa untuk beli kebutuhan yang lain,” ungkapnya. (**) 

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos