Positif Covid-19 Pertama di Pesibar Santri Ponpes Temboro

img
Kepala Dinas Keshatan Kabupaten Pesibar Tedi Zadmiko

MOMENTUM, Krui--Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Provinsi Lampung, akhirnya mencatat satu kasus pertama positif covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesibar Tedi Zadmiko mengatakan, pasien positif covid-19 itu laki-laki, usia 19 tahun warga Pekon/Desa Marang, Kecamatan Pesisir Selatan. 

Menurut dia, pasien positif covid-19 itu santri yang datang dari  Pondok Pesantren Temboro, Magetan, Provinsi Jawa Timur.

"Sebelumnya pada tanggal 12 Mei, kita melakukan swab kepada delapan orang. Empat orang sudah keluar hasilnya dan satu diantaranya dinyatakan positif covid-19," kata Tedi pada Harianmomentum.com, Minggu (24-5-2020).

Dia melanjutkan, kondisi pasein saat ini stabil dan tidak mengalami gejala. "Pasien  tidak memiliki gejala apa pun atau Orang Tanp Gejala (OTG). Jadi dalam waktu dekat,  hari Selasa tanggal 26 Mei, kita akan lakukan swab ulang. Mudah-mudahan hasilnya sudah negatif,” harapnya.

Tedi mengimbau masyarakat tidak panik dan selalu mematuhi protokol kesehatan. “Tidak perlu panik. Terpenting selalu terapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan covid-19," imbaunya.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Provinsi Lampung merilis penambahan empat pasien positif covid-19: dua dari Kabupaten Lampung Tengah, satu dari Kabupaten Pesibar dan satu dari Kota Bandarlampung.

Dengan penambahan tersebut, hingga tanggal 24 Mei 2020, total pasien positif covid-19 di Provinsi Lampung mencapai 109 orang. Dari jumlah tersebut, 38 orang dinyatakan sembuh, 64 orang dalam perawatan dan 7 orang meninggal dunia. (**)

Laporan: Agung Sutrisno

Editor: Munizar



Leave a Comment