Presiden Jokowi Segera Teken UU Pemilu

img
Presiden Joko Widodo. Foto: Net

Harianmomentum--Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan Undang-undang (UU) Pemilu saat ini telah dirampungkan oleh panitia khusus (pansus) RUU Pemilu.


Tak hanya itu, Tjahjo juga mengklaim jika revisi terhadap UU Pemilu juga sudah diselesaikan oleh Pansus RUU Pemilu.


Namun demikian, Tjahjo belum bisa memastikan kapan penomoran UU Pemilu dapat dilakukan.


"Semoga. Sebab itu bukan ranah kami. (Penomoran) itu ranah Sekretariat Negara. Namun, secara prinsip, sudah dirapikan sebagaimana masukan di Sekretariat Negara," kata Tjahjo usai diskusi di Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8).

Tjahjo menambahkan jika semua menteri terkait juga sudah menandatangani UU Pemilu. Tim dari DPR pun sudah melakukan hal serupa yang artinya sudah siap ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

"Mudah-mudahan pekan depan sudah diteken Presiden. Tapi (revisi) itu tidak mempengaruhin, hanya beberapa redaksi saja," kata politisi PDIP itu.

Menurut Tjahjo, pengembalian UU Pemilu kepada DPR yang sebelumnya dilakukan bertujuan untuk menghindari multitafsir atas UU Pemilu.

Sebelumnya, Kemendagri mengajukan mengajukan izin revisi lampiran dalam UU Pemilu. Selain soal lampiran, Kemendagri juga melakukan pengajuan klarifikasi pasal oleh Sekretariat Negara (Setneg). (san/rmol)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos