Banjir di Jalan Ridwan Rais dan Garuntang Mulai Surut

img
Lokasi banjir yang merendam permukiman warga di Kelurahan Karawang, Kecamatan Bumiwaras. Foto: Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Banjir yang melanda sebagian wilayah di Kota Bandarlampung pada Rabu (5-8-2020) dinihari, pada siang ini mulai surut.

Banjir sempat menggenari Kampung Karawang, Kelurahan Garuntang, Kecamatan Bumiwaras. Di kelurahan ini, air menggenangi tiga wilayah, yakni: RT 01, RT 02 dan RT 10.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung Sutarno, pada siang ini banjir yang menggenangi tiga wilayah di Kelurahan Karawang itu mulai surut.

"Sebelumnya, ketinggian air mencapai sekitar 40 centimeter. Saat ini sudah surut tinggal separoh, sekitar 20 centimeter," kata Sutarno saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (5-7-2020).

Selain itu, banjir juga menggenangi sekitar Jalan Ridwan Rais, Kecamatan Kedamaian dengan ketinggian air hampir mencapai satu meter. Di wilayah ini, air juga mulai surut sekitar 20 hingga 30 centimeter.

Dia menerangkan, banjir di dua kelurahan itu dipicu tumpukan sampah yang menyumbat saluran drainase. Akibatnya, aliran air terhambat dan meluap menggenai pemukiman.

"Selain itu, tingginya curah hujan juga menjadi pemicu terjadinya banjir," ujarnya.

BPBD Bandarlampung menerjunkan 40 personel guna membersihkan saluran drainase di wilayah itu. "BPBD mengoperasikan mesin penyedot air guna mempercepat surutnya banjir," terangnya. (**)

Laporan: Vino Anggi Wijaya

Editor: M Furqon.



Leave a Comment