Dua KSM di Metro Terima Bantuan Rp1 Miliar

img
Walikota Metro Achmad Pairin meletakan batu pertama pembangunan Rumah Produksi Abon Lele Oseri,

MOMENTUM, Metro--Dua kelompok swadaya masyarakat (KSM) di Kelurahan Margodadi, Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro menerima bantuan Rp1 miliar dari pemerintah pusat. Bantuan tersebut bagian dari program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). 

Dua KSM penerima bantuan tersebut: KSM Bintang dan KSM Bulan.

Walikota Metro Achmad Pairin mengatakan, selain mengetaskan kawasan kumuh, tujuan  program Kotaku adala peningkatan kesejahteraan melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat.   

"Program kotaku merupakan program kesenjangan dari pemerintah pusat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, diharapkan bantuan ini mampu meningkatkan perekonomian warga di sini," kata Pairin saat peletakan batu pertama pembangunan Rumah Produksi Abon Lele Oseri, di jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Margodadi, Metro Selatan, Kamis (6-8-2020).

Dia berharap, kelak rumah produksi dan pasar khusus itu dapat semakil memaksimalkan upaya pengenbangan ekonomi kemasyarakatan. 

“Mudah-mudahan bisa menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran. Saat ini angka pengangguran di Kota Metro mencapai 5,11 persen dan angka kemiskinan mencapai 8,68 persen,” ungkapnya .

Hal senada disampaikan Fajar Perwakilan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW). Menurut dia, Kotaku merupakan program nasional berupa kegiatan padat karya di kawasan kumuh perkotaan.

"Program ini mampu mengurangi kawasan kumuh di daerah kota, sehingga menambah lapangan kerja. Di Lampung, ada tiga kelurahan yang mendapat bantuan seperti ini: dua kelurahan di Kabupaten Pringsewu dan satu kelurahan di Kota Metro,” terangnya.

Koordinator KSM Kelurahan Margodadi Sri Wahyuni mengatakan, bantuan senilai Rp1 miliar sudah ditransfer sekitar 70% dan sudah disalurkan kepada KSM Bintang dan KSM Bulan. .

"Semoga program ini bisa terus berjalan. Sehingga mampu menopang perekonomian warga di sini," harapnya. (**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos