Ratusan Narapidana Rutan Kotaagung Screening HIV

img
Proses pemeriksaan awal warga binaan Rutan Kotaagung terkait pencegahan penularan HIV./Galih

MOMENTUM, Kotaagung--Sejumlah 242 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kotaagung mengikuti penyuluhan dan screening Human Immunodeficiency Viruses (HIV).

Pemeriksaan awal itu dilakukan bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Kotaagung, Senin (31-9-2020).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Rutan Kotaagung, Akhmad Sobirin Soleh didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, J.M Prameswari serta 3 orang Tim Medis dari Puskesmas Kotaagung.

Dengan adanya penyuluhan dan screening, diharapkan bisa menjadi deteksi dini terkait penyebaran HIV di Rutan Kotaagung. Selain itu, warga binaan juga bisa mendapat pengetahuan tentang perilaku beresiko penularan HIV serta dampaknya bagi kesehatan bagi semuanya.

"Dengan adanya kegiatan ini, harapannya seluruh warga binaan dapat benar-benar mencermati dan menjaga kesehatan di dalam Rutan Kotaagung agar terhindar dari penularan HIV," jelasnya.

"Saya mengimbau agar seluruh warga binaan melaksanakan screening dengan tertib, dan semoga hasilnya dinyatakan negatif," pungkas Sobirin.

Sementara itu, Tim medis dari Puskesmas Kotaagung diwakili Heni Widyawati menyampaikan bahwa Puskesmas Kotaagung telah menyediakan unit konsultasi dan  pengobatan bagi orang dengan HIV/AIDS.

Menanggapi hal tersebut, Sobirin menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan baik antara Rutan dengan Puskesmas Kotaagung.

Bagi warga binaan apabila terdeteksi terinfeksi HIV, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus melalui Puskesmas Kotaagung akan dilakukan pendampingan dan pemantauan pengobatan terhadap pasien. 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan screening test HIV. Sebelum diambil sampel darahnya, warga binaan didata mengenai perilaku hidup dan riwayat kesehatannya terlebih dahulu. Terlebih, bagi warga binaan dengan latarbelakang pidana narkoba karena memiliki resiko penularan HIV lebih tinggi. (**)

Laporan: Galih/Asdijal

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos