Bupati Tanggamus Dukung Program Pentashop hingga Pedesaan

img
Bupati Tanggamus, Hj Dewi Handajani menghadiri Sosialisasi Petunjuk Teknis Program Pertashop di Provinsi Lampung kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dengan PT Pertamina, di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung, Selasa (27-10-2020).

MOMENTUM, Bandarlampung--Bupati Hj Dewi Handajani mendukung penuh pelaksanaan program Pentashop hingga pedesaan khususnya Kabupaten Tanggamus.

Hal itu disampaikan Bupati Hj Dewi Handajani usai kegiatan Sosialisasi Petunjuk Teknis Program Pertashop di Provinsi Lampung kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dengan PT Pertamina, di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung, Selasa (27-10-2020).

Bupati menyatakan menyambut baik adanya Program Pertashop di pedesaan. Karena membuka kesempatan berusaha bagi masyarakat di pedesaaan. Selain itu, dengan keberadaan Pertashop akan membantu masyarakat dalam mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan harga resmi Pertamina.

"Tentunya kami menyambut baik Program ini. Mudah-mudahan ini membantu masyarakat yang akan berusaha untuk menjadi agen Pertashop, serta masyarakat di pedesaan dapat membeli BBM dengan harga resmi Pertamina, sehingga biaya produksi dan transportasi dapat lebih murah," ujar Bupati.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Pertamina, karena sudah menginisiasi adanya Pertashop di wilayah pedesaan.

Menurut Gubernur, hal itu selaras dengan visi "Rakyat Lampung Berjaya" dan misi kelima Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, yaitu membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah pedesaan yang seimbang dengan wilayah perkotaan.

“Mimpi saya semua petani di Lampung dapat menggunakan alat pertanian, seperti traktor, hand-traktor, combine harvester, dan lainnya untuk meningkatkan produktifitas pertanian," ujarnya.

Dengan adanya Pertashop, Gubernur Arinal menyakini dapat lebih meningkatkan perekonomian di pedesaan terutama pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Di sisi lain, Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, Nata Irawan mengatakan Pertashop bertujuan untuk mendekatkan kebutuhan produk pertamina di tingkat desa.

Selain itu, masih kata dia, dengan adanya Pertashop diharapkan dapat meningkatkan jiwa entrepreneur masyarakat, dan merealisasikan program desa membangun yang diusung pemerintah pusat.

"Pertashop adalah lembaga penyalur resmi Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM nonsubsidi, elpiji nonsubsidi dan juga produk ritel Pertamina lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur resmi," jelas Nata.

Dalam kegiatan itu, dilakukan juga penyerahan buku petunjuk teknis program Pertashop oleh Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Nata Irawan kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. 

Kegiatan diisi dengan sosialisasi dan tanya jawab yang dimoderatori oleh Kasubdit Fasilitasi Penamaan dan Kode Desa Ditjen Bina Pemdes Adamenta, serta diikuti oleh 100 peserta secara virtual melalui zoom meeting dan disaksikan oleh lebih dari 250 peserta secara live melalui kanal Youtube Dinas Kominfo Provinsi Lampung.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI Nata Irawan, Direktur Pemasaran Regional Subholding Comersial and Trading PT. Pertamina Jumali, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Direktur Utama Bank Lampung Presley Hutabarat, serta para bupati/walikota, sekda dan Kepala Dinas PMD se Provinsi Lampung.(**)

Laporan: Galih/Asdijal

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos