Wakil Ketua KONI Optimistis Pringsewu Tuan Rumah Porprov IX

img
Pengurus KONI Provinsi Lampung kunjungan kerja ke Pringsewu. Foto. Lis.

MOMENTUM, Pringsewu--Wakil Ketua Umum I Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung, Sunarto menyatakan optimistis Kabupaten Pringsewu menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX pada 2022 mendatang.

Optimisme itu didasarkan pada kesiapan sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana yang ada di Kabupaten Pringsewu dinlai sudah memadai. Tinggal kesiapan anggarannya.

"Saya yakin dan optimistis, (Pringsewu) pasti siap dan bisa menjadi tuan rumah Porprov IX pada tahun 2022 mendatang," kata Sunarto, Kamis (12-11-2020).

Dia mengatakan hal itu ketika melakukan kunjungan kerja dan bersilaturahmi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu dan KONI Pringsewu. Pertemuan berlangsung di ruang rapat sekda setempat.

Sejak pandemi Covid-19, kata dia, semua sektor terimbas terutama berkaitan dengan anggaran di setiap daerah. "Namun kita jangan larut pada kondisi hingga menjadi pesimistis dan takut bayangan mengeluarkan anggaran besar. Kita harus bangkit dan tetap semangat, misal melalui ajang olahraga," tegasnya.

Pelaksanaan Porprov IX tidak perlu mewah, terutama pada acara seremoni. Sederhana saja dan tidak perlu mengeluarkan anggaran besar. Tempat bertanding para atlet menggunakan fasilitas yang ada di Kabupaten Pringsewu.

Berdasarkan laporan KONI Pringsewu, ternyata di Pringsewu hampir semua fasilitas untuk bertanding atlet sudah ada. Seperti, menggunakan fasilitas di sejumlah perguruan tinggi, tempat wisata maupun milik pribadi yang boleh dipergunakan. "Ini akan menghemat biaya," ujarnya.

Sunarto menambahkan, pelaksanaan Porprov Lampung,  pihak provinsi akan membantu anggaran. "KONI Provinsi nanti juga akan berkontribusi anggaran. Intinya, adanya kesiapan dulu dari pihak Pemkab Pringsewu," imbuhnya.

Sementara Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Hasan Basri yang didampingi Staf Ahli Malian Ayub, Kadisporapar Jahron, Kepala Bappeda Fadholi dan Kepala BPKAD Arif Nugroho, menyatakan pemkab merespon wacana Pringsewu menjadi tuan rumah Porprov Lampung mendatang.

Apalagi, kegaitan pekan olahraga seperti itu bakal mendatangkan banyak tamu dari daerah lain. Muaranya dapat meningkatkan pendapatan melalui jasa dan perdagangan serta meningkatkan  perekonomian masyarakat.

Namun, lanjut Hasan Basri, Pemkab Pringsewu terlebih dulu akan melakukan pembahasan baik mengenai anggaran maupun sapras dengan dinas dan pihak terkait. "Kami akan segera membentuk tim guna melakukan pembahasan. Hasilnya akan akan kami laporkan dulu ke pak bupati," jelasnya.

Pada kunjungan kerja, itu dari KONI Provinsi Lampung juga hadir Topan Indra Karsa (Kabid Organisasi), Surahman ( Kabid Binpres),  Alfi Darwin,  Ferry Frisal Latinusa, Rudi Antoni, Sukur Agustiawan, Adi Susanto dan Herman. 

Sedang dari KONI Pringsewu hadir Ketua Dwi Pribadi, Sekretaris Sutikno, Bendahara Ani Suprapti, Waka I Andoyo, Waka II Samsul Gustaf dan sejumlah pengurus bidang lainnya. (*)

Laporan: Sulistyo.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos