Pemkab Waykanan Komitmen Bantu UMKM Terdampak Covid-19

img
Sekdakab Waykanan Saipul menjadi narasumber Webinar Program Pemulihan Ekonomi Nasional Bagi UMKM

MOMENTUM, Blambanganumpu--Pandemi covid-19, memicu berbagai dampak negatif hampir pada seluruh aspek kehidupan masyarkat. Termasuk pada melemahnya sektor perekonomian masyarakat. 

Terkait hal tersebut, pemerintah terus melakukan berbagai upaya pencegahan penularan covid-19, sekaligus mengatasi dampak negatif yang ditimbulkan. Salah satunya di bidang ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Waykanan Saipul saat menjadi narasumber Webinar Seminar yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Rabu (18-11-2020).

Webinar yang diikuti para pelakua usaha di Kabupaten Waykanan itu mengusung tema “Manfaat Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Bagi UMKM.”

"Pemerintah Kabupaten Waykanan terus berupaya memulihak perekonomian masyarakat dengan memberikan berbagai bantuan kepada para pelaku UMKM terdampak covid-19," kata Saipul.

Dia menerangkan, upaya pemulihan ekonomi kerakyatan itu mengacu pada  Perpu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk penanganan pandemi covid-19.

Selain itu  jugan mengacu pada PP Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program PEM dalam Rangka Mendukung Kebijakan Keuangan Negara untuk penanganan covid-19. 

"Dari dasar kebijakan tersebut, ada tiga yang menjadi fokus penanganan dampak pandemi covid-19: bidang kesehatan yang meliputi pencegahan dan penanganan, bidang dkonomi meliputi relaksasi untuk cicilan bunga/pokok pinjaman dan bantuan dana bagi UMKM serta koperasi dan  bidang jaring pengaman sosial yang meliputi:BST, BPNT dan BLT,” paparnya.

Pada kesempatan itu, sekdakab didampingi  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten WaykananAchmad Gantha. Webinar dimoderatori oleh Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo setemat Rubiady. (**)

Laporan: Novita Sari

Editor: Munizar



Leave a Comment