Vaksin Covid Tiba di Lampung, Reihana: Distribusi Tunggu EUA

img
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana.

MOMENTUM, Bandarlampung--Puluhan ribu vaksin corona virus disease 2019 (covid-19) dari PT Bio Farma Bandung tiba di Provinsi Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana menjelaskan, vaksin itu tiba sekitar pukul 02.27 WIB yang dikawal ketat.

"Jumlahnya menurut data 40.520 dosis, tapi waktu penerimaan ternyata secara digital eror. Jadi dihitung secara manual dari semalam sampai sekarang. Mungkin sedang menghitung," kata Reihana usai Rapat Paripurna DPRD Lampung, Senin (4-1-2021).

Dia menjelaskan, vaksin tersebut saat ini disimpan ei instalasi farmasi, untuk menjaga suhunya agar tetap berada di 2 sampai 8 derajat celcius.

Meski demikian, Reihana menjelaskan, untuk sementara vaksin masih belum bisa digunakan, sampai ada emergency use authorization (EUA) atau otorisasi penggunaan darurat.

"Jadi harus menunggu ada EUA dari Balai POM untuk membuka vaksin tersebut. Saat ini perintahnya untuk menyimpan vaksinnya dulu," sebutnya.

Dia menerangkan, tahap pertama, vaksin tersebut difokuskan untuk tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi garda terdepan penanganan covid-19 di Lampung.

"Tahap satu untuk nakes yang bertugas di garda terdepan. Sisanya nanti dikoordinasikan ke kementerian kesehatan," tuturnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos