HUT ke-48 PDIP, Masyarakat Bersihkan Way Besai dan Tanam Bibit Buah-buahan

img

MOMENTUM, Kebuntebu--Kader PDI Perjuangan bersama masyarakat Kecamatan Kebuntebu, Lampung Barat, membersihkan sampah di Way Besai di Pekon Purawiwitan, Kecamatan Kebuntebu, Ahad (10-1-2021). 

Selain bakti sosial, dalam kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 PDI Perjuangan, itu masyarakag juga menanam seribu bibit buah-buahan. Seperti jambu, mangga, jeruk, belimbing, dan sawo.

Ratusan warga turut dalam kegiatan yang diprakarsasi Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Mukhlis Basri. Tamak hadir, sejumlah kepala desa/peratin dari Pekon Purawiwitan, Muarabaru , Muarajaya II,  Tugumulya, Budimakmur, dan Ciptamulya.

Pada kesempatan tersebut, Mukhlis juga meresmikan sumur bor untuk pengairan persawahan di Pekon Tugumulya, Kecamatan Kebuntebu.


Pada kesempatan tersebut, , Mukhlis meminta masyarakat untuk merawat dan menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan karena mengakibatkan pendangkalan dan penyempitan sungai.

"Sungai harus dijaga karena banyak manfaatnya bagi kehidupan masyarakat. Seperti mengairi sawah, kolam ikan, dan lainnya. Fungsi itu akan berkurang atau bahkan hilang jika sungainya rusak. Bahkan, sungai yang sempit dan dangkal akan membuat air sungai meluap dan mengakibatkan banjir," jelasnya.

Mantan bupati dua periode Lampung Barat itu menjelaskan tentang dampak lain kerusakan sungai. Yaitu, mengancam kehidupan makhluk yang selama ini bergantung pada sungai, seperti ikan, burung, serangga, dan binatang lainnya. 

“Tidak hanya itu. Sungai yang kotor dan tercemar juga mengancam berbagai tumbuhan yang hidup di sekitar sungai. Maka itu harus dijaga bersama” ujarnya.

Sebaliknya, sungai yang terjaga dengan baik, air  bersih dan bebas limbah akan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. TErutama yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, dan perikanan. (*).

Editor: M Furqon/Rls.



Leave a Comment