Tanam Pohon, Sudin Kritisi Ilegal Logging di Pesawaran

img
Ketua DPD PDIP Lampung, Sudin dan Bupati Dendi Ramadhona saat menghadiri penanaman pohon di Desa Sungailangka, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran./Rifat

MOMENTUM, Gedongtataan--Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Lampung, Sudin mengkritisi maraknya ilegal logging di Kabupaten Pesawaran.

Hal itu disampaikan saat menghadiri kegiatan penanaman ratusan pohon dalam rangka Hari Ulang Tahun PDIP, di Desa Sungailangka, Kecamatan Gedongtataan, Minggu (10-1-2021).

Menurut dia, perlu ada langkah dan upaya yang tegas terhadap aksi ilegal logging atau pembalakan liar di Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdurrahman yang merupakan kawasan hutan konservasi.

"Terkait ilegal logging ini perlu adanya langkah tegas, karena kita tahu, sudah ada beberapa kali pelaku yang tertangkap tapi tidak ada penyelesaiannya," ujar dia.

Untuk itu, Sudin menyebut akan mendorong penegak hukum pusat untuk turun ke Provinsi Lampung. "Nanti saya akan minta Gakum untuk datang ke Lampung dan berkoordinasi dengan Polda maupun Polres mengenai masalah ini (ilegal logging)," kata dia.

Tak hanya itu, dia juga meminta Pemprov Lampung untuk ikut aktif dalam penanganan masalah ilegal logging, sebab kawasan hutan merupakan kewewenangannya.

"Apalagi ibu ketua umum (Megawati Soekarnoputri) fokus terhadap masalah lingkungan, beliau selalu pantau saya di komisi IV, agar memperhatikan masalah lingkungan hidup, termasuk kelestarian hutan," tambah Sudin.

Ia juga menerangkan bahwa, maindset terhadap tanaman hutan saat ini perlu dirubah dari sebelumnya yang hanya terfokus pada tanaman kayu menjadi tanaman yang menghasilkan buah.

"Apalagi bibit yang kita berikan adalah bibit unggul. Tadi, saya tanya untuk tanaman buah seperti kelengkeng itu bisa dipanen dalam kurun waktu satu setengah tahun, sehingga ada manfaat bagi masyarakat sekitar," terang dia.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengapresiasi langkah PDI-P yang telah melakukan kegiatan penanaman pohon tersebut. "Saya tentunya sangat berterima kasih kepada PDIP, karena Kabupaten Pesawaran menjadi salah satu lokus kegiatan dalam rangkaian HUT ini," ucap dia.

Ia pun berharap kegiatan ini dapat berdampak baik bagi lingkungan dan mengurangi resiko di daerah rawan bencana.

"Kami berharap dengan adanya penanaman pohon di zona-zona perkebunan dan daerah hulu di Kabupaten Pesawaran dapat mengurangi dampak bencana yang terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun ini," pungkasnya.(**)

Laporan: Rifat Arif 

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos