Positif Covid-19 Kembali Meningkat, Tanggamus Zona Orange

img
Ilustrasi/ist

MOMENTUM, Kotaagung--Setelah beberapa hari sempat berstatus daerah zona kuning, saat ini Kabupaten Tanggamus kembali berstatus sebagai daerah zona orange penyeberan covid-19. Kondisi itu dipicu meningkatnya kasus positif covid-19 di kabupaten setempat.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus Taman Prasi mengatakan, peningkatan kasus positif covid-19 itu, kemungkinan dipicu mobilitas masyarakat yang tinggi pada hari libur.

"Berdasarkan perhitungan epidemologis, sekarang kita berstatus zona orange. Itu  tandanya masih ada transmisi lokal tapi tidak tinggi. Tranmisi lokal ini kemungkinan dipicu mobilitas masyarakat yang tinggi, terutama pada hari libur," kata Prasi, Rabu (24-2-2021).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Tanggamus dr. Eka Priyanto mengatakan, selam  sepakan terakhir ada tujuh kasus positif covid-19. Semuanya adalah kasus baru. Total positif covid-19 di Tanggamus saat ini mencapai 534 kasus. Dari jumlah tersebut, 493 orang dinyatakan sembuh, 26 orang meninggal dunia. Sedangkan yang masih menjalani isolasi/perawatan 15 orang.

Satgas covid-19 Kabupaten Tanggamus akan lebih menggencarkan operasi yustisi untuk mencegah meluasnya penularan virus berbahaya tersebut.

Selain di tempat keramian publik, operasi yustisi pencegahan penularan covid-19 juga akan dilakukan melalui tempat-tempat ibadah.

 "Untuk tempat ibadah kami coba upayakan koordinasi dengan FKUB (Forum Kerukunan antar Umat Beragama), untuk menyosialisasikan disiplin penerapatan protokol keseahatan," ungkapnya.

Dia mengimbau masyarakat lebih disiplin menerapakan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Selain itu upayakan tunda berpergian keluar daerah, terutama daerah zona merah.

"Terus terapkan protokol kesehatan, agar kita terhindar dari penularan covid-19," imbaunya. (**)

Laporan: Galih

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos