PLN UPK Tarahan Kembangkan Program Kit Hidroponik

img
Salah satu program Kit Hidroponik di Pondok Pesantren Assalafiyah 2, Kel. Srengsem, Kec. Panjang, Bandar Lampung. Foto: Dok PLN

MOMENTUM, Tarahan--PLN UPK Tarahan melalui program PLN Peduli mengembangkan program Kit Hidroponik dengan memanfaatkan sinar lampu UV.  Kit Hidroponik yang merupakan Program UMKM Binaan PLN UPK Tarahan dengan Pondok Pesantren Assalafiyah 2, Kel. Srengsem, Kec. Panjang, Bandar Lampung. 

Program yang mulai diinisiasi dari tahun 2019 ini awalnya dimulai di area PLTU Tarahan. Hingga sekarang di tahun 2021 pelaksanaan hidroponik bekerjasama memanfaatkan lahan di Ponpes Assalafiyah 2.

Setelah mendapatkan legalitas izin menjalankan usaha mikro, kecil dan menengah dari Kelurahan Srengsem dan Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung, selanjutnya program ini fokus untuk bagaimana meningkatkan kapasitas produksi sayuran hidroponik ini. Salah satu inisiatif nya adalah memanfaatkan cahaya penerangan dari lampu UV. 

Manfaat sistem ini telah dirasakan Ki Agus Ridwan, salah seorang penggerak program hidroponik sinar lampu UV di PLN UPK Tarahan. Dia mengakui hasil panen tanaman hidroponiknya meningkat sejak memanfaatkan sinar lampu UV sebagai pengganti cahaya matahari di malam hari.

Dengan sistem pengairan yang stabil dan penerangan dengan lampu UV ini, sayur organik dapat dipanen hanya dalam waktu 30-35 hari, lebih cepat dari waktu normalnya yakni 45 hari.

Dari segi kualitas, tanaman yang menggunakan sistem hidroponik dengan sinar lampu UV, memiliki daun yang lebih cerah dan akar putih cerah. Nah, ini yang menjadi indikator utama sayuran hidroponik tersebut sehat. Dalam 1 bulan, dengan memanfaatkan sinar lampu UV, pelaku hidroponik dapat melakukan satu siklus masa tanam, berbanding lurus dengan frekuensi masa panen. Itu artinya omzet yang didapatkan dapat meningkat.

Melihat peluang tersebut, hidroponik dengan sinar lampu UV dapat dinyatakan memiliki prospek yang cerah, di samping membangun ketahanan pangan dengan pola hidup sehat, pun dapat bernilai ekonomis. Hal ini juga yang menjadikan para pelaku hidroponik mulai merambah mengembangkan sistem hidroponik dengan sinar lampu UV untuk meningkatkan produktivitas tanaman.

PLN UPK Tarahan berkomitmen untuk mendukung program-program pemberdayaan masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. PLN bersyukur bahwa program PLN Peduli telah dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat maupun lingkungan. Selaras dengan transformasi yang sedang dijalankan PLN, PLN UPK Tarahan siap berkolaborasi dengan masyarakat untuk menghadirkan inovasi, khususnya yang berkaitan dengan kelistrikan dalam rangka mendorong produktifitas masyarakat. (**)

Editor: Nurjanah/rilis






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos