Pelatih Catur Sumsel: Kekuatan Lampung Tidak Bisa Diremehkan

img
Pelatih catur Sumsel Nurdin Abubakar.

MOMENTUM, Bandarlampung--Kekuatan tim catur putri Lampung di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, ternyata cukup diperhitungkan. Hal tersebut disampaikan pelatih tim catur putri Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Nurdin Abubakar.

"Hasil uji tanding selama dua hari ini, keukatan tim catur putri Lampung, menurut saya tidak bisa diremehkan. Lampung bisa masuk lima besar, bahkan bukan tidak mungkin meraih medali," kata Nurdin, usai mendamping anak asuhnya, berujitanding dengan tim putri catur Lampung, Jumat (27-8-2021). Uji tanding antara tim putri catur Lampung melawan tim pturi catur Sumsel berlangsung di  Restoran Pesawat, Taman Santap Rumah Kayu, Bandarlampung.

Menurut dia, tiga besar peta kekuatan catur nasional, memang masih dipegang, Jawa Barat, Jawa Timur dan DKI Jakarta. Namun, bukan tidak mungking, Sumsel dan Lampung bisa menyodok meraih medali di PON Papua nanti.

"Jabar, Jatim dan DKI Jakarta memang masih tiga besar peta kekuatan catur nasional. Tapi, dalam pertandingan beregu, kans untuk meraih medali tetap sama. Meskipun tim unggulan, kekuatan pecatur di setiap tim, tidak merata. Masing-masing tim punya keunggulan dan kelemahan," kata pria berdarah Lampung itu.

Dia menyebut, tim catur putri Sumsel menargetkan minimal meraih medali perak pada PON mendatang.

"Pada PON di Jabar tahun 2016, kami (Sumsel) meraih medali perak dari nomor beregu putri. Target kita tentu meraih emas, minimal mempertahankan medali perak," tegasnya.

Selain di nomor beregu putri, pada PON Papua nanti, Sumsel juga akan turun di nomor perseorangan putri. 

"Kalau untuk nomor perorangan, kami sangat optimistis bisa tiga besar. Jabar dan Kaltim menjadi pesaing kuat kami, di nomor perorangan," ungkapnya.   

Pelatih catur Lampung Riscy Rismanto.

Keyakinan untuk meraih medali PON juga disampaikan Pelatih catur Lampung Riscy Rismanto. Menurut dia, secara umum kemampuan teknik tim catur putri Lampung banyak mengalami peningkatan.

"Hasil uji coba dengan pecatur Sumsel dua hari ini, kita saling menglahkan, kemarin memang kita sempat kalah. Tapi hari ini, kita berhasil menang. Karena itu, kans untuk meraih medali cabor catur nomor beregu putri di PON nanti, masih sangat terbuka. 

Pada cabor catur di PON Papua bulan Oktober mendatang, Lampung akan turun di nomor beregu putri kategori: catur cepat, kilat dan klasik. 

Tim beregu catur putri Lampung terdiri dari: Via Listiyaningsih, Slowastika Fautina Arief dan Vioren Clarisa. (**)

Laporan/Editor: Munizar 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos